Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta: Mengadakan Pengajian Akbar, Berbagi Sembako & Pengobatan Gratis

Foto bersama panitia dari Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta dan Masjid Baiturrahman dengan tokoh masyarakat. Foto bersama panitia dari Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta dan Masjid Baiturrahman dengan tokoh masyarakat.

Minggu 17 Desember di penghujung akhir tahun 2017, suasana di dekat kantor Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta, yaitu di halaman Masjid Baiturrahman, begitu ramai oleh warga Kelurahan Purwodiningratan dan sekitarnya.

Tampak warga Kelurahan Purwodiningratan dan sekitarnya, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak, serta para lansia, terlihat antusias hadir bersama-sama menyemarakkan acara yang meliputi: pengajian akbar, pembagian bingkisan sembako gratis dan pengobatan gratis. Acara akbar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW yang merupakan salah satu nabi yang diberikan amanah oleh Allah SWT untuk memberikan kabar gembira kepada umat manusia bahwa Islam merupakan rahmatan lil alamin. Dimana makna dari rahmatan lil alamin ini sendiri adalah membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk kepada sesama manusia. Namun jika melihat kondisi saat ini, dimana banyak realitas masyarakat Islam masih mengalami kemiskinan, terkendala dalam kesehatan, bahkan kurangnya pengetahuan agama seperti kondisi yang ada di daerah kecamatan Jebres, Surakarta ini, maka sangat dibutuhkan kepedulian dari kita bersama.

Maka dari itu, dengan melihat kondisi tersebut, Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta sebagai salah satu lembaga sosial dan dakwah, menyelenggarakan kegiatan dengan orientasi melakukan dakwah agar masyarakat mengenal ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. Dalam penyelenggaraan tahun ini, Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta bekerjasama dengan Masjid Baiturrahman menyelenggarakan kegiatan dengan mengusung tema: “Meneladani Sikap Hidup Nabi Muhammad SAW“. Harapan dari Yayasan Al-Kahfi adalah agar dapat meneladani sikap hidup Nabi Muhammad SAW, salah satunya yakni dengan meringankan beban orang lain, mensyiarkan nilai-nilai Islam, dan lain sebagainya.

Pengajian Akbar tersebut dihadiri lebih dari 300 warga. Di samping itu, menghadirkan da’i dari MUI, Drs. H. Teguh, M. Pd. selaku Wakil Sekretaris MUI Kota Surakarta. Kemudian turut hadir pula Kepala Kelurahan Purwodininggratan, Sri Retno, S.E., Kepala Kesbangpol Kota Surakarta, Drs. Tamso M.M., Kepala Koramil Kecamatan Jebres, Lettu Inf. Sunarno, Bapak Joko Triasmono dan perwakilan dari Kepolisian Sektor Kecamatan Jebres.

surakarta2
Jamaah mendengarkan tausiyah dari Bapak Drs. H. Teguh, M. Pd., Wakil Sekretaris MUI Kota Surakarta.

Kegiatan pengajian dimulai pukul 08.00 WIB. Sebelum pengajian, dilaksanakan terlebih dahulu pembagian sembako gratis. Warga yang datang disambut hangat dan santun oleh para panitia yang melayani penukaran kupon sembako. Warga pun antri dengan sangat tertib menukarkan kupon dengan sembako yang berisi kebutuhan sehari-hari seperti: gula, beras, dan minyak goreng. Bingkisan sembako ini dibagikan kepada lebih dari 300 warga yang kurang mampu di Jebres, Surakarta. Hal ini bertujuan untuk membuat warga bisa merasa terbantu dan juga senang atas pembagian bingkisan sembako.

Menjelang dimulainya acara, warga tampak memadati halaman masjid. Acara pembuka dimulai dengan iringan rebana untuk menyambut para warga yang datang, lalu pembacaan lantunan ayat suci Al-Quran dan Tilawah beserta sari Tilawah yang dibawakan oleh remaja masjid Baiturrahman dan juga anak didik Yayasan Al-Kahfi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Ketua Masjid Baiturrahman Bapak Sutrisno, dan juga sambutan dari Ibu Sri Retno, S.E. selaku Kepala Kelurahan Purwodiningratan. Beliau memberikan respon dan apresiasi positif serta mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang membangun masyarakat secara rutin diadakan oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta.

Untuk acara pengajian diisi oleh Bapak Drs. H. Teguh, M. Pd., selaku Wakil Sekretaris MUI Kota Surakarta, yang menyampaikan tausiyah bertemakan: “Meneladani Sikap Hidup Nabi Muhammad SAW“. Para jamaah pun duduk bersila dan dengan tenang mendengarkan tausiyah yang disampaikan, lalu diakhiri dengan bacaan doa. Kekhusukkan doa menyelimuti seluruh jama’ah yang hadir.

Acaranya selanjutnya dilakukan simbolisasi pemberian sembako kepada 3 warga. Mereka adalah orang-orang yang meski secara usia termasuk lanjut usia, tapi tetap ada keinginan melangkahkan kakinya untuk mengikuti kegiatan pengajian ini. Pihak pertama yang memberikan bingkisan sembako adalah Kepala Koramil Kecamatan Jebres, Bapak Lettu Inf. Sunarno, kemudian ke-dua yang memberikan adalah Bapak Drs. Tamso, M.M. selaku Kepala Kesbangpol Kota Surakarta, dan terakhir Bapak Joko Triasmono selaku Pembina Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta.

Kemudian untuk memeriahkan acara tersebut, terdapat juga hiburan dari adik-adik Yayasan Al-Kahfi dari SD sampai SMP dengan dresscode putih hitam, yang perempuan memakai bando dihias bunga bunga, sedangkan yang laki-laki memakai peci, serta mengenakan sarung yang dilingkarkan di leher. Anak-anak menyanyikan lagu dari Hadad Alwi, “Muhammad Nabi-ku” dan Runa Syakira, “Maulid Nabi”. Keceriaan dan kegembiraan penampilan mereka membuat para jamaah menjadi terhibur dan tertawa. Kemudian ada penampilan drama dari anak anak TPA Masjid Baiturahman yang mengisahkan cerita “Masa Kecil Eyang Habibie”. Kedua penampilan mereka tersebut mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari seluruh jamaah.

Tidak hanya kegiatan pengajian dan pembagian sembako, tapi juga ada pengobatan gratis yang dilakukan bekerjasama dengan PMI Kota Surakarta. Petugas PMI datang membawa tim yang bertugas sebagai petugas tensi, dokter dan apoteker serta perlengkapan dan obat-obatan. Mereka bergegas menuju tempat pengobatan yang sudah disiapkan. Peserta pengobatan gratis ini diprioritaskan bagi para lansia, karena usia tersebut yang rentan terkena penyakit. Acara pengobatan gratis berjalan dengan peserta yang berjumlah lebih dari 50 orang.

surakarta3
Jamaah pengajian akbar melakukan pengobatan gratis oleh petugas dari PMI Kota Surakarta.

Terakhir sebagai penutup acara, ada pembagian doorprize yang menarik, seperti kebutuhan perlengkapan rumah tangga, atau barang yang memiliki nilai manfaat untuk masyarakat, mulai dari botol minum, tempat makan, wajan , panci, setrika, kipas angin, helm, selimut, dsb. Hadiah dooprize ini sangatlah membantu untuk menunjang perlengkapan yang ada di rumah, mengingat para peserta adalah warga yang kurang mampu.

Serangkaian kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih 3 jam. Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar. Kegiatan ini membuktikan komitmen dan konsistensi dari Yayasan Al-Kahfi bersama-sama memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat. Kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mensukseskan acara tersebut, di antaranya PMI kota Surakarta, Rismaba Baiturahman dan Masjid Baiturrahman.

surakarta4 surakarta5
Warga antusias mengantri saat registrasi sekaligus menerima paket sembako gratis.
surakarta6 surakarta7
Panitia dari kalangan remaja dengan semangat melayani masyarkat yang hadir dalam kegiatan.
surakarta8 surakarta9
surakarta10 surakarta11
Suasana acara pengajian akbar dan penampilan dari siswa binaan Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta dengan Remaja Masjid Baiturrahman.
Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel