Yayasan Al-Kahfi Cabang Kabupaten Bogor Berdayakan Ibu-ibu Ciangsana dengan Pelatihan Memasak, Kerajinan Tangan, Menjahit dan Bank Sampah

Pembukaan Acara Pembukaan Acara

Di pagi hari yang cerah tepatnya pada tanggal 15 oktober 2016, terlihat ibu-ibu datang berbondong-bondong menuju sanggar belajar Al-Kahfi Cabang Kab.Bogor untuk mengikuti acara “Launching Program Pemberdayaan Perempuan Ciangsana”. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Al-Kahfi Cabang Kabupaten Bogor bersama dengan para dermawan Komunitas Orangtua Sekolah Alam Cikeas dan didukung oleh perangkat desa setempat.

Program pemberdayaan yang berlangsung pada hari Sabtu ini diikuti sekira 30 ibu-ibu yang notabene adalah orangtua wali dari siswa binaan Al-Kahfi. 70 % dari orangtua wali itu sendiri adalah ibu-ibu janda yang berasal dari Ciangsana dan sekitarnya. Profesi mereka beraneka ragam. Ada yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, buruh cuci keliling, penjaga warung, pengasuh bayi dan sebagainya.

Di samping diikuti oleh ibu-ibu wali siswa, peserta yang tampak hadir juga yakni ibu-ibu dermawan dari komunitas orangtua Sekolah Alam Cikeas, staf dan sekretaris desa Ciangsana. Acara dimulai tepat pada pukul 09.55 WIB setelah semua peserta datang.

Dalam sambutannya, Ali Mashuri, ketua Yayasan Al-Kahfi Cabang Kabupaten Bogor menerangkan bahwa program pemberdayaan perempuan ini diselenggarakan dengan maksud agar masyarakat bisa lebih mandiri secara perekonomian, sehingga tidak selalu menggantungkan dari bantuan semata. Selain itu juga dapat menciptakan peluangnya sendiri untuk berwirausaha melalui pelatihan ini.

Program ini, seperti yang djelaskan oleh Ibu Sinta – salah satu dermawan, akan terdapat 3 jenis pelatihan di dalamnya, di antaranya adalah pelatihan memasak, pelatihan kerajinan tangan dan menjahit serta yang terakhir adalah pelatihan bank sampah. Dijelaskan lagi oleh beliau bahwa dari ketiga pelatihan tersebut diharapkan masing-masing pelatihan dapat menghasilkan produk. Seperti pelatihan memasak contohnya, ibu-ibu akan dilatih untuk membuat sebuah produk dan kemudian produk tersebut akan dibeli oleh komunitas orangtua Sekolah Alam Cikeas dan selanjutnya dijual kembali saat bazar di sekolah atau saat arisan di rumah. Sehingga di setiap minggunya, ibu-ibu akan mendapatkan tugas yang dibawa dan dikerjakan di rumah, dan pada saat hari pelatihan tiba, tugas tersebut harus dikumpulkan kepada pelatih.

Meski acara tersebut berlangsung cukup lama, hal ini tak menyurutkan antusias para peserta. Antuasiasme tersebut bisa dilihat dari aktifnya mereka bertanya mengenai berbagai hal terkait pelatihan tersebut, misalnya: seperti apa bentuk PR yang diberikan, contoh produk yang dihasilkan seperti apa dan sebagainya. Di samping itu juga dapat dilihat dari semangat mereka dalam memilih jenis pelatihan yang akan diikuti, dimana karena begitu menggebunya hingga peserta ada yang mengikuti lebih dari satu pelatihan.

Tidak hanya peserta yang menyambut baik kegiatan tersebut, Engkar Karyana selaku sekretaris desa pun melakukan hal yang sama. Beliau mengatakan akan mendukung kegiatan pelatihan ini meskipun belum bisa sepenuhnya. Hal ini dikarenakan pada saat ini program desa masih fokus pada pembangunan jalan Ciangsana yang tak kunjung selesai.

Karena peserta begitu asyiknya mengikuti acara demi acara, tidak terasa bahwa hari telah menginjak sore. Kegiatan itupun ditutup dengan pembagian jadwal dan penentuan koordinator pada masing-masing kelompok pelatihan. Ibu-ibu peserta pun kemudian terlihat saling berembug dan mencatat siapa saja nama dan nomor handphone anggotanya. Meski terlihat lelah, namun kecerian dan senyum optimis terlihat pada sebagian besar dari mereka. Senyum optimis untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

1. Liputan Kegiatan Pemberdayaan Perempuan - Kab Bogor 02
Sambutan oleh Bpk. Engkar Karyana selaku sekretaris desa

 

1. Liputan Kegiatan Pemberdayaan Perempuan - Kab Bogor 03
Penjelasan tentang program pemberdayaan oleh Ibu Sinta (komunitas orangtua SAC)

 

1. Liputan Kegiatan Pemberdayaan Perempuan - Kab Bogor 04
Perwakilan Komunitas Orangtua Sekolah Alam Cikeas sedang memberikan pengarahan

 

1. Liputan Kegiatan Pemberdayaan Perempuan - Kab Bogor 05
Keasyikan peserta membuat kerajinan tangan dari koran bekas
Last modified onSaturday, 31 December 2016 10:06
Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel