Bersih Masjid Bersama Remaja Al-Kahfi Cabang Surakarta

Bersih Masjid Bersama Remaja Al-Kahfi Cabang Surakarta
“Bersih Masjidku Sempurna Ibadahku”

Fungsi utama Masjid adalah sebagai tempat melaksanakan ibadah. Masjid juga disebut sebagai Baitullah (rumah Allah), yaitu bangunan yang didirikan sebagai sarana mengabdi kepada Allah. Oleh karena itu selain sebagai tempat shalat berjamaah Masjid juga memiliki banyak fungsi dan peran lain, antara lain sebagai tempat menuntut ilmu, pembinaan jamaah, pusat dakwah dan kebudayaan Islam, kaderisasi umat, serta sebagai basis kebangkitan umat Islam. Namun, pentingnya peran masjid seringkali tidak diiringi dengan kebersihan dan kesehatan dalam penyelenggaraannya. Padahal posisi kebersihan dan kesehatan dalam Islam ini amat penting sebagai syarat sempurnanya ibadah dan juga merupakan bagian dari iman “Annazhofatu minal imaan”.

Melihat hal ini, Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta yang merupakan lembaga yang dimotori dan didukung ratusan aktivis muda berinisiatif untuk membersihkan masjid-masjid yang ada di kota Surakarta. Supaya umat Islam Surakarta dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna di masjid. Kegiatan ini diberi nama “Gerakan Cinta Masjid” yang sebenarnya merupakan salah satu draft instrumen dari program Pembinaan Moral Remaja Yayasan Al-Kahfi. Tujuannya adalah membangun kecintaan remaja terhadap masjid, karena di zaman sekarang ini sulit menemukan remaja yang peduli terhadap masjid.

gcm1 gcm2

gcm3Remaja Al-Kahfi menyapu dan membersihkan bagian atas masjid

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret, dan sampai tanggal 21 April kemarin terhitung ada 34 masjid yang tersebar di Surakarta yang sudah dibersihkan. Panas dan hujan tidak membuat para aktivis muda ini luntur semangat untuk tetap membersihkan masjid. Di setiap sudut masjid, di lantai, karpet, dinding, atap, kaca-kaca, penataan buku-buku, tempat wudhu, sampai pada kloset tidak luput dari sentuhan para Pecinta Masjid ini. Peluh dan letih mereka terbayarkan dengan sambutan hangat dan senyum ramah Bapak Takmir Masjid, warga sekitar serta bantuan dari remaja-remaja masjid. Tawa canda dan nuansa persaudaraan seakan menghipnotis semua di waktu istirahat walau hanya ditemani dengan beberapa potong kue dan teh hangat.

Bapak Hasyim selaku Takmir Masjid Al Mutakhim Desa Sondakan merasa sangat senang dan berterima kasih kepada remaja Al-Kahfi atas partisipasinya. Dan hal yang paling membuat beliau berkesan adalah kegiatan ini dimotori oleh anak-anak SMA seluruhnya. Beliau membandingkan dengan anak-anak di lingkungan masjid yang kurang peduli dengan kegiatan-kegiatan sosial semacam ini.

gcm4 gcm5
gcm6 gcm7
Membersihkan tempat wudhu, jendela, kamar mandi, dan menata perpustakaan masjid

Ketua panitia, Dodi Adnan menyampaikan bahwa kegiatan Bersih Masjid dari Yayasan Al-Kahfi memang salah satu treatment untuk membentuk kepekaan anak muda terhadap masalah-masalah sosial, dan membiasakan mereka untuk ikut turut aktif dalam kegiatan sosial. Selain itu Kegiatan Gerakan Cinta Masjid ini juga merupakan bentuk terima kasih kami kepada masyarakat Surakarta yang selama ini telah memberikan dukungannya terhadap program-program Yayasan Al-Kahfi, baik itu dukungan materi maupun moril. Melihat respon dari warga lingkungan masjid yang baik dan positif terhadap kegiatan Gerakan Cinta Masjid ini, Yayasan Al-Kahfi Cabang Surakarta berencana untuk menjadikan Kegiatan Gerakan Cinta Masjid ini program berkala sebagai ladang peran sosial remaja Al-Kahfi.

Lewat aksi-aksi nyata seperti kegiatan Gerakan Cinta Masjid ini menunjukan kepada masyarakat bahwa pemuda-pemuda Al-Kahfi Surakarta benar-benar berkomitmen peduli akan permasalahan umat islam, dan turun langsung di masyarakat untuk menyelesaikannya.

gcm8 gcm9

Tim kebersihan “Gerakan Cinta Masjid” Yayasan Al Kahfi

Rate this item
(4 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel