Seminar Anti Radikalisme Al Kahfi Cabang Kota Madiun #KaMiMembaRA

Pada tanggal 26 maret 2016 hari sabtu pukul 09.00 WIB, Yayasan Al-Kahfi cabang Kota Madiun bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olahraga (dikbudmudora) Kota Madiun mengadakan seminar anti radikalisme dan aliran sesat. Acara ini mengundang seluruh sekolah tingkat SMP dan SMA/SMAK tingkat Kota Madiun dan beberapa sekolah di Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ponorogo. Acara yang mengusung tema Membentengi Generasi Muda Islam dari Pengaruh Aliran Sesat dan Radikalisme ini cukup antusias terbukti dengan banyaknya sekolah yang mengirimkan perwakilan. Hampir seluruh perwakilan sekolah-sekolah di Kota Madiun mengirimkan perwakilan. Dengan total 207 peserta yang datang gedung Dikbudmudora Kota Madiun tampak penuh sesak.

antusiasme peserta kegiatan Seminar Anti Radikalisme

antusiasme peserta kegiatan Seminar Anti Radikalisme

Dibuka dengan iringan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta dan dipandu oleh dirigen, terpancar semangat dari para siswa dan siswi yang mengikuti seminar. Semangat para peserta ini menunjukkan jiwa muda mereka yang membara seperti tagline dari panitia seminar #KaMiMembaRA. Tagline ini, yang merupakan kependekan dari “Karesidenan Madiun Membentengi dari Radikalisme dan Aliran Sesat”, juga sebagai penanda semangat untuk menolak radikalisme dan aliran sesat.

Dibuka oleh Keynote speaker Bapak Drs. Gandhi Hatmoko, M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Madiun) dan Dilanjutkan paparan berikutnya oleh Bapak Drs. K.H. M. Iskandar, M.Pd.I. (Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Madiun) dan Bapak Suwari, S.H., M.Kom.I. (Advokat, Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat).

Materi pertama Bapak Iskandar tentang upaya membentengi diri dari paham radikalisme dan aliran sesat dalam Islam. Dan untuk membentengi diri dari paham radikalisme dan aliran sesat harus selalu beristiqomah dalam akidah dan syariah Islam. Sedangkan Bapak Suwari menyampaikan tentang deradikalisasi dikalangan pelajar yang intinya adalah membangun daya kritis dari para siswa untuk dapat menilai sebuah ajaran ini termasuk radikal.

madiun4

Para pembicara menyampaikan materi dalam kegiatan Seminar

Di penghujung acara panitia mengajak adik-adik siswa dan siswi SMP, SMA/SMK untuk menyampaikan pesan ber hashtag #KaMiMembaRA ke Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram mereka untuk menolak radikalisme dan aliran sesat dan pesan ini juga ditujukan untuk masyarakat luas supaya waspada dengan paham radikalisme dan aliran sesat.

Tak lupa sesi untuk foto bersama antara pemateri dengan perwakilan guru beserta siswa didik sebagai dokumentasi Seminar Anti Radikalisme dan aliran sesat.

madiun5

Pihak-pihak yang mendukung kegiatan Seminar Anti Radikalisme

Beberapa testimoni tentang manfaat pengadaan acara seminar,


Bapak Drs. Gandhi Hatmoko, M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Madiun)

“Seminar antiradikalisme dan aliran sesat yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Kahfi ini, kami mengapresiasi karena mempunyai manfaat yang sangat besar untuk generasi muda. Dimana sekarang berkembang berbagai aliran sesat dan radikalisme yang sungguh-sungguh dapat berpengaruh terhadap generasi muda yang akan menjadi pilar-pilar pengganti pemimpin sekarang. Kalau mereka tidak dibekali dengan kekuatan iman sesuai dengan kaidah agama yang benar, maka akan membahayakan negara. Oleh karena itu sungguh seminar ini sangat bermanfaat bagi mereka dan kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Al-kahfi. Harapan saya terhadap Yayasan Al-Kahfi agar tidak berhenti sampai disini, karena banyak hal yang menjadi pengganggu perkembangan jiwa anak muda. Seperti yang saya sampaikan diawal ada 4 isu yang mengganggu perkembangan generasi muda Islam. Oleh karena itu seminar ini mungkin bisa ditindak lanjuti dengan seminar lain dan tema yang berbeda dalam rangka membentengi generasi muda Islam untuk menjadi orang-orang yang baik.”


Linda SMA 1 Kota Madiun

“Saya jadi bisa tahu cara mencegah kalau ada yang mengajak ikut aliran aliran yang enggak sesuai gitu sama ciri-cirinya biar kita nggak mudah terpengaruh. Kita kan juga bisa ngasih tahu ke teman-teman kalo aliran sesat itu kayak gini kalau radikal kayak gini dan yang bener itu kayak gini. Seminar ini menambah banyak wawasan tentang aliran-aliran sesat yang ada di sini dan cara mengatasinya. Harapan saya semoga Al-Kahfi meneruskan kegiatan seperti ini ke seluruh remaja, supaya bisa tahu mana yang aliran sesat mana yang radikalisme”

Last modified onMonday, 25 April 2016 01:22
Rate this item
(10 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel