PENJELASAN KERJASAMA YAYASAN AL KAHFI DENGAN DISDIK PROV DKI JAKARTA

PENJELASAN KERJASAMA YAYASAN AL KAHFI DENGAN DISDIK PROV DKI JAKARTA

Pengantar

Yayasan Al Kahfi perlu mengangkat proses kerjasama antara Yayasan Al Kahfi dan Disdik Prov DKI Jakarta, untuk menjawab komentar-komentar di TV yang seolah-olah menyatakan kerjasama tidak profesional, tidak ada uji terhadap buku dan tidak ada pengawasan. Tujuannya dengan penjelasan singkat ini publik dapat memahami bahwa proses kerjasama ini berjalan sesuai hukum profesionalisme.

Kegiatan ESA Yayasan Al Kahfi Sebelum Bekerjasama dengan Disdik Prov DKI Jakarta

Yayasan Al Kahfi mengembangkan dakwah di DKI Jakarta sejak tahun 2009, melalui kajian-kajian dakwah terprogram, penyantunan, bantuan sosial, dan pembinaan moral keagamaan bagi pelajar SLTA. Salah satu kegiatan dakwah terprogram adalah ESA (Emotional & Spiritual Achievement) dengan materi yang disampaikan salah satunya adalah Pembuktian Eksistensi Tuhan Dalam Tinjauan Ilmiah bagian 1 dan 2, seperti yang terdapat dalam modul “Program Pelajar Jakarta Berkarakter”.

Awalnya hanya di satu dua sekolah. Dari proses getok tular, semakin banyak pelajar dari SMA/SMK di Jakarta dan sekitarnya yang mengenal dan mengikuti kegiatan Al Kahfi. Al Kahfi lantas menawarkan kerjasama penyelenggaraan kegiatan ESA di sekolah-sekolah. Dalam penawaran tersebut dijelaskan latar belakang dan tujuan program, isi materi, metode dan gambaran teknis pelaksanaannya. Hampir setiap sekolah yang ditawari menerima program tersebut. Ada yang sekedar memberikan rekomendasi dan memfasilitasi penyelenggaraan di sekolah, namun ada pula yang menjadikan ESA sebagai kegiatan wajib bagi siswa.

Setiap penyelenggaraan, panitia memberikan angket respon siswa atas kegiatan dan materi tersebut. Angket penilaian ini dikumpulkan dan direkapitulasi. Pihak guru juga ikut mengawasi dan memantau pelaksanaan forum, ikut masuk dalam forum dan mengikuti proses dialog antara instruktur dengan siswa. Guru juga diminta respon serta evaluasinya dari pelaksanaan kegiatan ESA tersebut.

Pada bulan Mei 2011, Al Kahfi mulai bekerjasama dengan Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) dalam menyelenggarakan ESA.

  • ESA 1: bulan Mei 2011, dihadiri 400 pelajar.
  • ESA 2: bulan November 2011 dihadiri 600 pelajar.
  • ESA 3: bulan Februari 2012 dihadiri 650 pelajar.
  • ESA 4: bulan April 2012 dihadiri +1000 pelajar, dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pendidikan saat itu Bpk. Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nuh DEA. (link berita terkait)

Respon guru dan peserta terhadap materi yang disampaikan selalu positif. Misalnya dalam ESA 4 yang dihadiri +1000 pelajar, 99 % menyatakan bahwa materi tersebut menambah wawasan ke-Tuhan-an, mengetahui kesalahan atheisme, dan memantapkan keimanan pada Allah. Sedangkan hanya 1% abstain. Artinya, dari sekitar 1000 orang peserta yang mengikuti forum, tidak ada satupun yang menyatakan bahwa materi ESA membuat mereka menjadi atheis.

Setelah penyelenggaraan ESA akbar tersebut, beberapa guru dari sekolah yang selama ini belum diadakan ESA, menawarkan Al Kahfi untuk menyelenggarakan di sekolahnya. Semakin luas lah respon positif terhadap kegiatan dan materi-materi Al Kahfi. Berdasarkan respon tersebut, Al Kahfi menindaklanjuti dengan mengajukan kerjasama dengan sekolah-sekolah SMA/SMK di Jakarta.

Deskripsi Proses Kerjasama Al Kahfi Dengan Disdik Prov DKI Jakarta

Pada bulan Agustus 2013, Al Kahfi mulai mengurus pengajuan program kerjasama dengan Disdik Prov DKI Jakarta, untuk menjadikan ESA sebagai salah satu kegiatan ekstra di sekolah. Saat itu bersamaan dengan adanya visi pembentukan karakter bagi pelajar Jakarta, menanggulangi karakter remaja yang cenderung pada radikalisme, fundamentalisme dan kerusakan moral lainnya. Menuju MoU kerjasama dengan Disdik Prov DKI, Al Kahfi melalui tahapan yang panjang antara lain :

  1. Menyerahkan proposal program pelatihan pembentukan karakter Yayasan Al Kahfi.
  2. Menyusun modul-modul pelatihan Pelajar Jakarta Berkarakter, berisi materi-materi yang akan disampaikan.
  3. Menyerahkan testimoni dan respon peserta hasil pengadaan ESA sebelumnya.
  4. Mengikuti audiensi yang ditentukan oleh Disdik Prov DKI Jakarta, mengundang pihak-pihak yang terkait dengan program. Disana Al Kahfi memberikan penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan arah program, isi materi, metode penyampaian, dsb.
  5. Menunggu evaluasi dan keputusan dari Disdik Prov DKI Jakarta atas hasil audiensi.
  6. Persetujuan MoU dari Disdik Prov DKI Jakarta, bulan Januari 2014.

Satu tahun kerjasama berjalan, bulan Desember 2014 Al Kahfi menyampaikan laporan hasil pelaksanaan program kepada Disdik Prov DKI Jakarta, antara lain:

  • Proses pelaksanaan kegiatan di lapangan.
  • Hasil pelaksanaan ESA & program pembinaan reguler.
  • Faktor-faktor yang mendukung & menghambat pelaksanaan.
  • Respon siswa dan statistik hasil angket siswa.
  • Testimoni dewan guru atas pelaksanaan kegiatan.
  • Dokumentasi kegiatan.

Januari 2015 Al Kahfi mengajukan perpanjangan kerjasama untuk tahun 2015, saat itu di-pending karena sedang proses pergantian pejabat Disdik Prov. Setelah ada pergantian tersebut, Al Kahfi mengurus perpanjangan ini mulai dari proses awal lagi seperti sebelumnya.

April 2015 Al Kahfi audiensi dengan pengurus-pengurus Disdik Prov DKI. Konsep, materi dan berbagai hal terkait program ESA dianalisa kembali, termasuk modul Program Pelajar Jakarta Berkarakter yang dijadikan pegangan trainer. Pada bulan Juni 2015 perpanjangan MoU resmi disetujui.

Kesimpulan

  1. Yayasan Al Kahfi merupakan lembaga yang bergerak di bidang dakwah sifatnya profesional, didukung lulusan Sarjana dan Dosen-Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah.
  2. Kerjasama Yayasan Al Kahfi dan Disdik Prov DKI Jakarta dilakukan dengan melalui proses uji bahan, angket respon siswa dan penilaian dari guru.
  3. Dalam proses pelaksanaannya dilakukan pengawasan oleh Disdik Prov DKI Jakarta melalui Kepala Sekolah.

Demikian penjelasan kami, semoga dapat memudahkan publik memahami karakter kerjasama Disdik Prov DKI Jakarta dan Yayasan Al Kahfi dalam membentuk karakter siswa.

Surabaya, 8 September 2015

Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat

 

Suwari, S.H., M.Kom.I.   .


Last modified onWednesday, 09 September 2015 04:25
Rate this item
(67 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel