Logo
Print this page

Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang : Memberikan Penghargaan Untuk Para Guru Berprestasi Pada Moment Pekan Pendidikan Kota Tangerang

“Pendidikan itu seperti tangga berjalan yang mengantarkan kita
meraih kesejahteraan yang jauh lebih baik.” –Anies Baswedan

Pendidikan adalah kunci utama yang menentukan kualitas keahlian, yang dimiliki oleh setiap orang dalam lapisan masyarakat. Jika kita ingin membangun kehidupan yang sejahtera di masyarakat, tentunya kita harus meningkatkan kualitas pendidikan. Agar generasi penerusnya mampu memiliki keahlian yang mampu mengantarkan masyarakat kepada hidup yang lebih baik lagi. Seperti halnya yang menjadi visi misi Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang, bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda. Berbagai program diadakan untuk mencapai tujuan ini, seperti penyaluran bantuan pendidikan bagi mereka yang kurang mampu, memberikan bimbingan belajar gratis sebagai salah satu lahan untuk mendidik anak-anak, serta pendidikan dan pembinaan moral remaja.

Berbagai upaya (secara bertahap dan perlahan) dilakukan oleh seluruh pengurus Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang untuk memacu kualitas pendidikan. Salah satunya dengan memberikan penghargaan bagi beberapa guru-guru berprestasi di Kota Tangerang, yang diadakan pada hari Sabtu, 23 Mei 2015 yang lalu.

Guru adalah pelaku pendidik pertama dalam masyarakat. Gurulah yang menyampaikan pengetahuan kepada siswanya, mendidik siswanya agar dapat menjadi manusia yang lebih berkarakter, mengajarkan ilmu agar siswa-siswanya memiliki keahlian dalam pemecahan masalah. Meningkatkan kualitas pendidikan yang diperoleh siswa, ditentukan dari kualitas guru yang mengajarkan ilmu. Ketika guru tidak mampu mendidik dan mengajarkan ilmu kepada siswa, maka siswa pun tidak akan memiliki keahlian yang akan digunakannya dalam bermasyarakat.

Untuk memacu semangat para guru agar terus meningkatkan kualitasnya dalam mendidik, Yayasan Al-Kahfi Cabang Tangerang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang, memberikan penghargaan berupa insentif untuk para guru yang berprestasi. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2015. Selain untuk memperingati Hari Pendidikan, para pengurus Yayasan Al-Kahfi berharap melalui penghargaan ini juga mampu melecut semangat para guru yang selainnya. Agar para guru yang belum mendapatkan predikat ‘berprestasi’, tetap semangat untuk meningkatkan kualitasnya dalam mendidik siswa.

Para guru ini diberikan penghargaan karena mereka memiliki komitmen yang tinggi atas pengabdiannya terhadap dunia pendidikan. Selain itu juga rekomendasi guru yang berprestasi dari Dinas Pendidikan juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan guru yang mana saja yang berhak mendapatkan penghargaan.

 tangerang1

Kabid Dikmen Dindik Kota Tangerang, Ahmad Amarullah (Baju batik dan bertopi).
Wakil Ketua Yayasan Al-Kahfi Kota Tangerang, Oky Kurniawan (dua dari kanan).
Para Guru Berprestasi Se-Kota Tangerang

Dari ribuan guru yang mengajar di Kota Tangerang, hanya beberapa guru yang memperoleh penghargaan ini. Di antaranya, Sumihar Meinarti guru SMAN 3 Tangerang, Wawat Naswati guru SMKN 4 Tangerang, Nurul Fitrisia SMKN 4 Tangerang, Sri Mendang Salbiyah guru SMKN 4 Tangerang, dan Kukuh Wahyudi guru SMAN 2 Tangerang berkesempatan mendapatkan penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan oleh Yayasan Al-Kahfi, melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Ahmad Amarullah.

 

 tangerang2

Pemberian Penghargaan Oleh Yayasan Al-Kahfi melalui Dinas Pendidikan,
yang diwakilkan oleh Kabid Dikmen Dindik Kota Tangerang, Ahmad Amarullah.

Harapannya, momen pemberian penghargaan ini juga dapat menyalurkan semangat untuk setiap pendidik di Kota Tangerang, atau pun setiap orang yang berkiprah di dunia pendidikan, agar terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.

Piagam kerjasama juga diberikan oleh Yayasan Al-Kahfi kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang, sebagai ungkapan terima kasih atas penyelenggaraan Pekan Pendidikan. Sehingga melalui acara Pekan Pendidikan yang diadakan di Bantara Sungai Cisadane ini, Yayasan Al-Kahfi dapat kesempatan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kota Tangerang.

 tangerang3

Pemberian Piagam Kerjasama oleh Yayasan Al-Kahfi Kota Tangerang
kepada Diknas Pendidikan Kota Tangerang.

Kontribusi yang dilakukan oleh Yayasan Al-Kahfi merupakan amanah dari para donatur yang juga mengharapkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang turut meningkat. Peningkatan kualitas pendidikan yang telah Al-Kahfi persembahkan antara lain seperti kualitas tenaga pendidik melalui penghargaan guru berprestasi, kualitas siswa yang dididik melalui pemberian bimbingan belajar gratis, serta kualitas sarana dan infrastruktur pendidikan melalui bantuan pendidikan untuk yatim-piatu dan dhuafa. Semoga bentuk kontribusi yang dapat dilaksanakan oleh Yayasan Al-Kahfi tidak berhenti sampai program-program yang telah diadakan saja, namun bisa mengadakan program-program yang lebih baik lagi, yang mampu mengantarkan pendidikan di Kota Tangerang menjadi lebih baik lagi. Aamiin yaa rabbal alamin….

“Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara.
  Namun secara moral, mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik.”–Anies Baswedan

Last modified onMonday, 29 June 2015 05:40
Rate this item
(2 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.