Logo
Print this page

AL - KAHFI KAB. BOGOR : PENYULUHAN & PERBAIKAN GIZI ANAK – ANAK DESA CINGSANA

                      Kabupaten Bogor – Siang itu ramai terdengar suara riuh rendah anak – anak kecil di salah satu sudut desa Cingsana, tepatnya di kantor Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor. Ya, memang saat itu sedang dilaksanakan program penyuluhan dan perbaikan gizi untuk anak – anak di desa tersebut. Kegiatan yang digelar pada tanggal 5 April 2015 yang lalu ini diikuti oleh setidaknya 30 anak – anak dari desa CIngsana.

1
Ketua Yayasan Al – Kahfi Cab. Kabupaten Bogor sedang memberikan sambutan

                      “Program ini kami adakan sebagai wujud peran serta membangun masyarakat di Kabupaten Bogor, utamanya di desa Cingsana dimana kantor Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor berada. Di samping itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi orang tua akan pentingnya memperhatikan gizi anak dan cara menyediakan menu makanan yang bergizi namun tetap sesuai dengan keadaan perekonomian warga,” tutur Ali Mashuri selaku ketua Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor.

                      “Perlu kita ketahui bahwa banyak warga di daerah Cingsana ini yang hidup di bawah kondisi kekurangan. Ada yang menjadikan profesi asisten rumah tangga sebagai pekerjaan utama, bahkan ada juga yang menjadi tukang bersih – bersih di perumahan yang dekat dengan desa Cingsana. Rata – rata pendapatannya ada yang hanya di kisaran Rp. 15.000 per harinya. Bisa kita bayangkan bagaimana kemampuan mereka untuk memenuhi segala kebutuhan sandang dan pangan keluarganya, apalagi ditambah dengan kondisi harga – harga sembako yang terkadang melambung tinggi,” imbuhnya lagi.

                      “Kekurangan ekonomi ini kemudian diketahui berdampak pada kurang terpenuhinya gizi dari putra – putri dari warga desa ini. Hal ini bisa dilihat dari kondisi fisik adik – adik yang belajar di yayasan kami. Banyak adik – adik yang tinggi badannya jauh di bawah normalnya anak seusia mereka, kemudian kondisi fisik yang kurus dan intelejensi / daya tangkap siswa terhadap pelajaran yang kurang. Maka dari itu, berangkat dari persoalan – persoalan itulah, kami Yayasan Al – Kahfi cabang Kabupaten Bogor berupaya keras untuk bisa merealisasikan program ini, ” tandasnya.

2
Peserta melakukan registrasi sebelum mengikuti kegiatan

                      Acara pada siang hari tersebut diawali dengan sambutan pembuka dari ketua Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor, kemudian disusul dengan serangkaian tahapan pemeriksaan, penyuluhan dan pemberian bantuan. Tahapan pemeriksaan diantaranya seperti : pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar lengan; dan pencatatan hasil pengukuran. Bantuan gizi yang diberikan diantaranya adalah susu Pan Enteral (susu khusus untuk masalah gizi), kemudian biskuit untuk balita, dan Zink Kids yang merupakan vitamin untuk meningkatkan gizi anak – anak. Sedangkan penyuluhan gizi disampaikan oleh teman – teman dari akademi gizi yang memiliki pengalaman dalam melakukan perbaikan gizi. Dan di sesi terakhir disosialisasikan bahwa para orang tua siswa bisa berkonsultasi di lain waktu secara rutin, agar dapat memantau terus perkembangan gizi putra – putri mereka.

3
Peserta penyuluhan tampak mendengarkan dengan seksama materi dari pembicara

                      Kegiatan penyuluhan dan perbaikan gizi ini dihadiri oleh sejumlah donatur, para orang tua dan siswa – siswi asuh Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor serta pemateri dari lulusan akademi gizi. Meski pada saat kegiatan berlangsung disertai dengan hujan yang deras, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan antusias dari para peserta yang hadir.

4

  
5
Bantuan gizi : susu Pan Enteral, susu Dancow, Zink Kids, dll
6
Kakak – kakak akademi gizi tampak serius mengukur
lingkar lengan salah seorang peserta
Adik – adik panti sedang ditimbang berat badan diukur tinggi badannya

                      Sambutan dan respon positif pun banyak dituai dari warga yang mengikuti kegiatan ini, banyak dari mereka yang berharap agar Yayasan Al – Kahfi dapat terus menjalankan program – program serupa. “Saya sangat bersyukur dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dan saya berharap ke depan,yayasan Al – Kahfi juga bisa memberikan penyuluhan terhadap masalah gizi dan bantuan gizi secara rutin. Dan saya mendoakan agar ke depannya jalan Al – Kahfi dalam mendapatkan bantuan dari para donasi bisa dimudahkan dan diancarkan, serta untuk para donatur mudah – mudahan diberikan balasan pahala yang berlipat ganda,” ucap salah satu warga yang belum pernah menjadi obyek penyuluhan gizi.

7
Penyuluhan dari kakak Akademi Gizi

                      Berlangsungnya acara tidak luput dari peran serta semua pihak, mulai dari pengurus Yayasan , rekan – rekan relawan, dan para donatur yang telah banyak mendukung kegiatan ini baik berupa dana, tenaga, dan waktu, serta para kakak – kakak dari akademi gizi yang sudah bersedia menjadi pemateri dan memberikan konsultasi gratis pada orangtua siswa asuh. Kepada mereka semua, Yayasan Al – Kahfi Cabang Kabupaten Bogor menghaturkan terima kasih yang sebanyak – banyaknya atas semua kontribusi yang sudah diberikan. Semoga menjadi catatan amal yang akan dhitung di akherat kelak, dan mendapatkan balasan surga – Nya. Amin.. Yaa Robbal alamin….

8
Penyerahan bantuan gizi kepada para orang tua anak – anak desa Cingsana

 

9
Adik – adik peserta berfoto bersama dengan salah satu pengurus
Last modified onSaturday, 20 June 2015 10:40
Rate this item
(4 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.