PEKAN RAYA AL – KAHFI SURAKARTA : Apresiasi Guru – Siswa Berprestasi, Donor Darah & Pasar Murah

Surakarta – Pada Minggu 26 April 2015 bertempat di Yayasan Al - Kahfi Jl. Sindutan Ledok Sari dan di halaman Masjid Baiturrahman yang terletak di depan yayasan, tampak warga sekitar ramai mengikuti kegiatan yang ada di sana. Kegiatan yang dimaksud adalah Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Al - Kahfi Cabang Surakarta bertajuk “Pekan Raya Al-Kahfi, Bersama membangun masyarakat”. Rangkaian kegiatan dalam Pekan Raya Al Kahfi tersebut antara lain : Apresiasi Guru Berprestasi, Apresiasi Siswa Berprestasi, Donor Darah dan Pasar Murah bagi warga. Dalam acara tersebut tampak hadir Bapak Suwari, S.H., M.Kom.I. selaku Ketua Yayasan Al - Kahfi Pusat, Bapak Djoko Triasmono Sekretaris MUI Jebres, Bapak Drs. Tamso, M.M. selaku Camat Jebres dan juga Ibu Retno, S.E. selaku Lurah Purwodiningratan.

Acara dimulai pada pukul 09.30 dan diawali dengan penampilan grup Rebana Al-Mukmin Masjid Baiturrahman dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Pada rangkaian acara berikutnya, yaitu sambutan-sambutan, Bapak Suwari selaku Ketua Yayasan Al - Kahfi Pusat menekankan perlunya pengadaan kegiatan semacam ini mengingat masih banyak persoalan masyarakat yang perlu diselesaikan. Dan hal itu memang sudah menjadi tanggung jawab Yayasan Al - Kahfi sebagai lembaga yang memang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, imbuhnya.

pekanrayasolo 1
Figure 1 : Ketua Yayasan Al – Kahfi Pusat duduk bersama tokoh agama &
Camat Jebres (kursi depan dari kiri ke kanan

Pada sambutan berikutnya, Bapak Drs. Tamso, M.M. selaku Camat Jebres menyatakan rasa terima kasih yang besar kepada Yayasan Al - Kahfi karena telah ikut andil dalam usaha pembangunan kota Surakarta dengan berbagai program yang diadakan. Hal senada juga diungkapkan oleh Ibu Retno, S .E. yang memberikan dukungan penuh untuk tercapainya visi - misi Yayasan Al - Kahfi. Di sela-sela sambutan tersebut juga tampak penampilan kesenian dari siswa binaan Al - Kahfi yaitu Tarian Panen & Paduan Suara yang dipersembahkan kepada warga dan tamu undangan yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada guru SMA/SMK teladan yang ada di Kota Surakarta. Beberapa guru teladan yang dimaksud adalah yaitu Bapak Muhari, S.Pd., M.Pd dari SMA 1, Bapak Mujapar,S.Pd., M.Pd. dari SMA 3, dan Bapak Sukidi, S.Pd., M.Pd. dari SMK 5. Dari penggalan wawancara dengan bapak guru teladan ini, beliau mengaku sangat senang sekali karena ternyata perjuangan dan pengabdian mereka untuk pendidikan tidak sia-sia. Ini dikarenakan tidak hanya dari pemerintahan saja yang mengapresiasi, terbukti ada Yayasan yang juga mau peduli dengan mereka dan memberikan apresiasi kepada mereka. Sedangkan untuk apresiasi siswa berprestasi diberikan sesuai jenjang pendidikan yang dijalani. Apresiasi siswa tingkat SD diberikan kepada Septi dari SD Purwodiningratan, tingkat SMP kepada Devi Mila dari SMPN 26, dan tingkat SMA / SMK kepada Tyas Mulyono dari SMKN 2.

pekanrayasolo 2
Figure 2 : Apresiasi kepada Guru Teladan
pekanrayasolo 3
Figure 3 : Apresiasi kepada Siswa Teladan

Acara berikutnya yang juga perlu disimak adalah pelaksanaan kegiatan donor darah. Pada pelaksanaan kegiatan ini tampak begitu banyak peminat. Tercatat setidaknya ada 20 orang donor yang berminat mengikuti kegiatan donor darah tersebut, mulai dari guru yang mendapat apresiasi, siswa yang mendapat apresiasi, warga yang hadir dan tak luput juga panitia ikut mendonorkan darahnya di Mobil PMI Kota Surakarta yang sudah standby di lokasi acara. Tampak beberapa petugas dari PMI menjalankan serangkaian proses pengambilan darah dari para donor dengan terampil.

pekanrayasolo 4       pekanrayasolo 5
Figure 4 : Mobil PMI stand by di lokasi acara      Figure 5 : Peserta yang sedang mendonorkan darahnya

Acara terakhir sekaligus menjadi penutup rangkaian Pekan Raya Al - Kahfi Cabang Surakarta adalah pelaksanaan pasar murah. Stand Pasar Murah di gelar di halaman masjid Baiturraman. Tersedia 17 stand yang di jaga oleh ibu PKK Purwodiningratan, Remaja Masjid Baiturrahman dan dari Al-Kahfi sendiri untuk melayani 500 warga sekitar yang sudah diberi kupon oleh panitia pada hari sebelumnya. Pada beberapa stand tampak satu paket sembako senilai Rp. 45.000 yang berisi beras 2,5 kg, minyak 1 L, gula 1 kg dan teh dijual seharga Rp. 10.000. Dalam acara pasar murah tersebut tidak hanya barang sembako yang dijual, warga juga bisa membeli barang-barang sandang dan kebutuhan sehari-hari seperti : sabun cuci, sabun mandi, sabun cuci piring, shampoo, baju anak, sarung, sajadah, tas, alat tulis, kerudung, dan lain-lain tentu saja dengan harga yang sangat murah.

Seperti sudah diketahui bahwa Al - Kahfi adalah sebuah Yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Yayasan Al - Kahfi Cabang Surakarta pun mengembang Misi yang sama yaitu membangun kesejahteraan sosial – pendidikan warga Kota Surakarta. Acara Pekan Raya Al-Kahfi Cabang Surakarta ini menjadi bukti komitmen Yayasan Al - Kahfi untuk terus bersama membangun masyarakat. Alahmdulillah, acara Pekan Raya Al Kahfi ini terselenggara dengan lancar sejak awal hingga akhir. Terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan atas kerjasama berbagai pihak, diantaranya Kelurahan Purwodiningratan & Tegal Harjo, PKK Purwodiningratan, Masjid Baiturahman, Rismaba Baiturrahman & PMI Kota Surakarta.

pekanrayasolo 6
Figure 5 : Suasana Pasar Murah

pekanrayasolo 7
Figure 6 : Warga tampak asyik memilih - milih barang yang dijual di Pasar Murah

 
Last modified onWednesday, 17 June 2015 01:54
Rate this item
(2 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel