Al Kahfi Cabang Jakarta Pusat : Menyambut Tahun Baru Muharram dengan Pengajian Akbar dan Penyantunan Anak Yatim

Foto Pengurus Yayasan Al Kahfi Cabang Jakarta Pusat bersama Bpk Masroni – selaku Kepala Camat Johar Baru, pengurus RW 01 Johar Baru serta salah satu donatur Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat Foto Pengurus Yayasan Al Kahfi Cabang Jakarta Pusat bersama Bpk Masroni – selaku Kepala Camat Johar Baru, pengurus RW 01 Johar Baru serta salah satu donatur Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat

16 November 2014 bertepatan dengan tahun baru islam 1436 H merupakan penanda tapak jejak Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat dalam komitmennya membangun masyarakat melalui program – program yang senantiasa dijalankan secara konsisten hingga hari ini. Di tahun ke-3 Yayasan al Kahfi mendirikan cabangnya di Jakarta Pusat, kami memiliki harapan bisa 1 langkah lebih maju dalam memberikan rahmat bagi masyarakat yang lebih luas.

Maka di momen yang penuh makna yaitu 1 Muharram 1436 H, kembali Yayasan al Kahfi Jakarta Pusat ingin memberikan sesuatu yang lebih bermakna dan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua sebagai seorang muslim. Arti sebuah kata “Berbagi dan Bermanfaat” kami tuangkan pada Ceramah Agama dengan pembicara Bapak KH. Dr. Samsul Ma’arif. MA selaku Sekjen MUI DKI Jakarta 2011 – 2014 yang juga menjadi Penasehat Yayasan al Kahfi DKI Jakarta, serta kami lengkapi dengan menyelenggarakan aksi penyantunan 125 anak yatim, piatu dan dhuafa serta dimeriahkan oleh penampilan adik – adik asuh kami baik berupa hasta karya maupun pementasan.

2 3
Sambutan dari Bapak Masroni,Selaku Kepala Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat Foto keluarga besar Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat bersama pengurus RW 01 Johar Baru dan Penasehat alKahfi DKI Jakarta Bpk KH. Samsul Ma’arif. MA

 Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar dan luar biasa berkesan bagi kami semua. Acara Tahun Baru Hijriyah kali ini dihadiri oleh bapak Masroni selaku Kepala Camat Johar Baru beserta segenap jajaran RW dan RT Johar Baru. Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini.

Konsep Muharram kali ini, sangat jauh berbeda dengan muharram di 2 tahun sebelumnya. Pada kali ini, pengurus Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat hendak menyampaikan pesan pada segenap para muslimin akan indahnya berbagi dan memberi manfaat bagi sesama.3-4

“Ini adalah wujud berbagi dan memberikan manfaat dari Yayasan al Kahfi kepada segenap masyarakat dan orang – orang yang selama ini mendukung setiap langkah kami dalam melakukan misi pemberdayaan umat” ungkap Alfi selaku Ketua Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat.

Makna berbagi sangatlah luas, ada yang berbagi dengan memberikan waktunya untuk mengajar, sehingga waktunya menjadi berharga dan bermanfaat bagi kecerdasan dan perkembangan siswa. Para donatur kami dengan kerelaan untuk berbagi rezekinya demi memberi manfaat pendidikan dan kesejahteraan siswa asuh dan binaan. Adik – adik asuh dan binaan kami juga tak mau kalah untuk berbagi dengan cara mereka sendiri, dengan memberikan usaha terbaiknya dalam pendidikan sebagai wujud syukur dan terima kasih tak terkira karena dalam kehidupan mereka masih memiliki Allah dan orang – orang yang peduli terhadap masa depan mereka.

“Oleh karenanya adik – adik kali ini bersemangat ingin menampilkan karya kerajinan tangan dan penampilan mereka. Apa yang tersaji dalam acara muharram kali ini, mulai dari ceramah agama oleh penasehat kami Bpk KH. Samsul Ma’arif. MA, aksi penyantunan 125 anak yatim, piatu dan dhuafa hingga penampilan adik – adik adalah wujud syukur dan terima kasih tak terkira pada Allah SWT dan masyarakat dan donatur yang selama ini senantiasa peduli dengan masa depan mereka.” lanjut Alfi.

5    6
Marawis RW 01 Turut meramaikan acara dengan merdunya Nasyid Siswa Binaan SMA/K yang membawakan lagu Assalamualaikum turut menyapa para hadirin dan tamu undangan

Acara dibuka dengan penampilan tari saman adik – adik asuh yayasan al Kahfi, disusul kemudian pembacaan ayat suci al Quran dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat, staff RW 01 Johar Baru dan Bapak Masroni selaku kepala camat Johar Baru.

Semakin siang, acara dilanjutkan dengan penampilan yang lucu nan menggemaskan dari grup pianika al Kahfi Cabang Jakarta Pusat. Dengan membawakan lagu “Selamat Datang Sahabatku” dari Alkahfinita yang dibawakan dengan hikmat tapi tidak meninggalkan kesan lucu saat adik – adik yang TK sampai kelas 2 SD muncul dari belakang panggung dan menyanyikan lagu bersama – sama. Acara berlanjut dengan berbagai tampilan adik – adik selainnya. Simbolisasi penyantunan dibagikan langsung oleh salah satu donatur kami Ibu Herawati dari Salemba Tengah. Acara kemudian berlanjut dengan Ceramah yang disampaikan oleh Penasehat kami Bpk KH. Samsul Ma’arif. MA dan ditutup dengan doa dan pembagian santunan untuk 105 anak asuh dan binaan.

8
Suasana Keramaian para tamu undangan Pengajian akbar

“Bagus sekali, acaranya, gede, rame. Ceramahnya juga bagus. Senang juga melihat anak yayasan bisa tampil dipanggung diliatin orang banyak. Bangga aja.” puji Ibu Puwi, salah satu tamu undangan. Seperti yang disampaikan pula oleh Layyi selaku pengurus kantor perwakilan Kemayoran “Alhamdulillah lancar, tidak sia – sia apa yang sudah dipersiapkan. Seluruh panitia dan adik – adik antusias dan berkesan dengan persembahannya. Semoga kita bisa senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat kedepannya”.

9
Simbolisasi penyantunan yang diserahkan oleh salat satu pengurus RW 01 Johar Baru dan Ibu Herawati selaku salah satu Donatur Yayasan al Kahfi Cabang Jakarta Pusat

Akhir kata, terima kasih pada jajaran camat hingga RT yang sudah menjadikan kami layaknya keluarga, terima kasih kepada segenap keluarga besar al Kahfi yaitu seluruh donatur kami yang senantiasa ikhlas memberikan secercah cahaya disetiap langkah kami, terima kasih adik – adik binaan yang kami cintai. Terus berkarya, terus menjadi teladan. Mari songsong masa depan yang cerah dengan kecerdasan ilmu dan kemurahan akhlak.

Demikianlah segelintir kisah Muharram 1436 H ini, semoga kita semua bisa mengambil hikmah disetiap penggal hidup. Semoga kita semua bisa menjadi insan yang senantiasa berbagi dan bermanfaat untuk semua.

Barangsiapa memudahkan orang lain yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat  (HR Muslim).



Last modified onFriday, 22 May 2015 08:15
Rate this item
(4 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel