Logo
Print this page

Menangkal Radikalisme Di Kalangan Pelajar Yayasan Al Kahfi bersama Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan

Narasumber seminar : dinas pendidikan, kepolisian, bakesbangpolinmas,  dan yayasan Al Kahfi Narasumber seminar : dinas pendidikan, kepolisian, bakesbangpolinmas, dan yayasan Al Kahfi

Maraknya aksi radikalisme di berbagai daerah di Indonesia, dan tidak sedikitnya remaja yang berstatus pelajar menjadi pelaku dan korban radikalisme menjadi perhatian Yayasan Al Kahfi Tangerang Selatan. Rohmatul Laily, selaku ketua Yayasan Al Kahfi Tangerang Selatan menjelaskan “ Radikalisme yang dilakukan remaja hari ini begitu memprihatinkan, padahal mereka adalah calon penerus bangsa, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk ikut membangun karakter remaja.“ Kemudian ia juga menegaskan, “ Tujuan diskusi ini agar generasi muda tidak terjerumus masuk kelompok radikal yang menyesatkan. Yayasan Al Kahfi sangat peduli terhadap generasi muda di Tangerang Selatan, mereka jangan sampai terbawa ajaran sesat.”

Dengan semangat membangun karakter remaja itulah, tepat pada hari rabu tanggal 21 Januari 2015 Yayasan Al Kahfi Tangerang Selatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan menggelar sebuah seminar bertajuk Menangkal Radikalisme Di Kalangan Pelajar Guna Mewujudkan Generasi Muda Yang Cerdas, Berkarakter Dan Visioner.

Bertempat di Gedung Graha Widya Bhakti Puspitek seminar ini dihadiri tidak kurang dari 300 pelajar setingkat SMA/SMK dari berbagai sekolah di Tangerang Selatan. Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dan pembacaan ayat suci Al Quran dengan penuh khidmat. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia acara. Achmad Sanusi, selaku ketua panitia acara dalam sambutannya menekankan pentingnya pembangunan sdm, ia mencontohkan, negara maju kini menempatkan pembangunan sdm menjadi prioritas yang utama diantara bidang selainnya. Selesai sambutan dari ketua panitia, berikutnya disambung dengan sambutan dari bapak Ismunandar selaku perwakilan dari walikota Tangerang Selatan dan penabuhan gong sebagai tanda dimulainya acara seminar. Dan kemudian secara berurutan penyampaian materi dibawakan oleh bapak Aiptu Arifin Darto, S.H. , lalu bapak H. Ruslan S.Ag., M.M. Kasi SMK Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, kemudian bapak H. Salman Faris perwakilan Bakesbangpolinmas, dan yang terakhir dari Yayasan Al Kahfi sendiri, dibawakan oleh saudara Rahmat Husein Andriansyah.

gambar 2 gambar 3
gambar 4

Peserta nampak antusias menyimak paparan materi dari narasumber

Bapak Ismunandar, Asisten Daerah II Kota Tangerang Selatan dalam paparannya menyampaikan bahwa, “ Seminar yang diselenggarakan oleh Yayasan AlKahfi ini seirama dengan rencana Pemkot Tangerang Selatan.” Dirinya mendukung penuh acara ini. Sedangkan bapak Ruslan, Kasi SMK Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan mengingatkan para pelajar agar mewaspadai kelompok pengajian radikal yang sangat mudah mengkafirkan muslim. “ Islam mengajarkan perdamaian dan bukan kekerasan. Kekerasan itu pasti membawa kerusakan di muka bumi”, tandasnya. Bapak Salman Faris, Kepala Kesbangpolinmas Kota Tangerang Selatan sendiri dalam penjelasannya menerangkan ada dua faktor yang menyebabkan remaja masuk kelompok radikal,“Pertama, faktor ketidaktahuan atau kegalauan sehingga ketika kelompok radikal memberikan pengetahuan lain maka akan mudah diikuti mereka. Kedua, factor kekurangan ekonomi. Pelajar dari kalangan ini mudah diming imingi hadiah tertentu dan akhirnya mau mengikuti kelompok radikal ”, tambahnya. Kemudian narasumber dari kepolisian, bapak Arifin Darto S.H., Binkamsa Polsek Jakpus, memaparkan bahayanya ISIS, bahkan kepolisian sudah bekerjasama dengan instansi di daerah untuk memetakan daerah rawan kelompok radikal. Untuk itu ia juga mengajak siapapun yang mengetahui gerak kelompok radikal untuk segera melaporkan ke kepolisian.

Begitu semaraknya acara hingga tidak tanggung - tanggung, ada tiga media cetak lokal yang meliput acara ini seperti Tangsel Pos, Tangerang Ekspress, dan Radar Banten. D samping itu, antusiasme peserta seminar pun begitu tinggi selama berlangsungnya acara. Mereka menyambut positif ajakan untuk membentengi diri dari berbagai ajaran radikal. Melihat hasil – hasil tersebut, beribu syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas terselenggaranya acara seminar ini dan tak lupa juga Yayasan Al Kahfi mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada para narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Kepolisian RI, dan Bakesbangpolinmas atas suport dan partisipasinya dalam menyemarakkan acara seminar ini.

Akhir kata, semoga ikhtiar kecil ini memberikan manfaat dan semangat bagi kita semua untuk membuat ikhtiar yang lainnya lagi demi menyelamatkan generasi muda sekaligus menjaga kebhinekaan bangsa kita yang tercinta.

gambar 5 gambar 6

Pemberian cinderamata kepada Bpk. Ismunandar (Asda II Kota Tangerang Selatan)

Pemberian cinderamata kepada Bpk. Aiptu Arifin Darto, S.H. (Binkamsa Polsek Jakpus)

 

gambar 7

 

Pengurus Yayasan Al Kahfi bersama Bapak2 dari perwakilan Walikota, Kepolisian, & Bakesbangpolinmas

Last modified onTuesday, 24 March 2015 02:46
Rate this item
(2 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.