Logo
Print this page

Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan : Membangun Kepedulian, Mengentas Kemiskinan

Foto bersama Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan, Bapak Suwari, S.H, S.Kom.I selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat, Suhartini selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan dan anak-anak yatim piatu di Kecamatan Lamongan Foto bersama Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan, Bapak Suwari, S.H, S.Kom.I selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat, Suhartini selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan dan anak-anak yatim piatu di Kecamatan Lamongan

Bupati Lamongan “Terima kasih Al Kahfi....semoga semakin sukses”

Tahun baru, banyak masyarakat di beberapa negara kerap melakukan perayaan untuk menyambutnya. Mereka sengaja ramai berkumpul hingga pukul 12 malam di jalan-jalan, taman, ada pula yang bepergian ke daerah-daerah pariwisata untuk menyambut datangnya tahun baru. Kembang api dan terompet tak pernah ketinggalan menemani perayaan ini.

Do’a, harapan, dan cita-cita kerap terucap bagi diri, keluarga, handai taulan, bahkan bangsa Indonesia agar kehidupan di tahun yang baru akan jauh lebih baik. Berharap agar keburukan yang terjadi di masa lalu tidak terulang di masa depan.  Setiap dari kita pasti menginginkan kehidupan yang jauh lebih baik ke depannya.

Kami Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan memiliki impian yang sama, bahwa Indonesia harus semakin baik. Bangsanya makmur dan sejahtera, negaranya pun kuat. Sekilas mata memandang, bangsa kita mungkin telah jaya seiring dengan berkembangnya pembangunan. Banyak sekali gedung-gedung bertingkat berupa perusahaan maupun pertokoan, sarana jalan dan transportasi yang senantiasa diperbaiki dan dikembangkan di kota-kota besar, sektor pariwisata dan perindustrian juga berkembang dengan pesatnya. Institusi pendidikan pun sudah banyak kita temui di Indonesia, dari yang negeri hingga swasta.

Sayangnya, ketika mata ini mulai memandang lebih dalam, menelisik ke daerah-daerah pinggir kota, kabupaten, kecamatan bahkan desa, ternyata kondisi rakyat kita masih banyak yang berada di bawah standart sejahtera. Tak berbeda dengan manusia pada umumnya, mereka juga memiliki harapan kehidupan yang lebih baik di masa depan, tanpa terkecuali warga Lamongan.

Melihat fenomena tersebut, kami dari Yayasan Al Kahfi tergerak untuk mengadakan kegiatan bagi masyarakat yang lebih luas di wilayah Lamongan. Acara yang kami buat mengusung tema “Al KAHFI PEDULI DAN BERBAKTI”. Alhamdulillah, setelah persiapan sejak bulan Desember 2013, pada 26 Januari 2014 kami  merealisasikan program tahunan tersebut. Acara ini di hadiri oleh Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan, Bapak H. Imam Tresno Edy selaku Kepala Disnakertrans, Bapak H. Nadhir selaku Ketua Forum Organisasi Sosial (Forsos), dan para Ketua Panti Asuhan di Kecamatan Lamongan.

“Terima kasih Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan, sejauh ini program-programnya mendukung program pemerintah. Semoga Yayasan Al Kahfi semakin sukses” Hal ini disampaikan oleh Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan ketika membuka acara tahunan kami.  

Acara di laksanakan pukul 14.00 - 17.00 WIB di halaman barat Plasa Lamongan. Di tempat itulah biasanya banyak mangkal para tukang becak dan tukang ojek. Sasaran kegiatan kami kali ini memang masyarakat dalam area yang lebih luas dari biasanya. Kami juga mengundang anak yatim piatu di Kecamatan Lamongan.  Hal ini kami lakukan dalam rangka memperluas sasaran program yayasan. Karena selama ini program kami hanya menyentuh kawasan RW di sekitar Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan saja.

Data anak yatim piatu yang layak untuk kami bantu berasal dari beberapa sumber data. Ada yang berasal dari siswa Study Moral yayasan kami, ada pula yang kita himpun dari RT/RW, hingga informasi dari donatur mengenai anak yatim piatu di sekitar rumahnya. 

Tampak suasana kegiatan yang berlangsung di halaman barat Plasa Lamongan

Disana kami melihat bagaimana orang tua dengan usia 70 tahun ke atas masih bekerja keras mengayuh becaknya hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Penghasilan pun tak pernah menentu. Namun, mereka masih mengupayakan kemampuannya seminimal apapun itu, asal diri masih terjaga dari kondisi putus asa. 

Dari kebanyakan tukang becak yang ada, masih ada dari mereka yang karena tak mampu membayar kontrakan akhirnya hanya tinggal di tanah desa dekat kandang kambing. Melihat saudaranya kekurangan, para warga di desa tersebut akhirnya patungan untuk membangunkannya rumah di tanah desa. Rumah itu terbuat dari bambu, ukuran 3x3 meter, dihuni 6 orang terdiri dari istri dan 4 orang anaknya.

Adapula golongan nenek-nenek yang sudah pikun, setiap harinya tinggal di terminal karena tak memiliki rumah, entah keluarganya ada dimana. Kadang-kadang untuk makan saja dibantu warga sekitar. 

Ya, merekalah yang oleh Allah SWT dalam firmanNya di Al Qur’an di sebut fakir dan miskin. Tak perlu menunggu waktu lama bagi kita untuk mengulurkan tangan kepada saudara kita tersebut. Seperti tauladan Rasulullah yang juga tak perlu menunggu moment-moment khusus untuk membantu umatnya. Setiap hari bahkan, ketika beliau memiliki kemampuan untuk membantu, maka akan di segerakanlah bantuan itu.

Oleh karenanya, dengan segala daya dan upaya yang ada, kami  dalam hal ini membuat program tahunan  dalam bentuk pembagian sembako kepada 600 lebih warga miskin dan 20 anak yatim piatu.  Sehingga, di tahun yang baru ini mereka juga bisa merasakan anugerah Allah SWT dalam bentuk nikmatNya. Agar mereka tidak akan apatis pada kondisi masyarakat yang mulai terjangkit penyakit individualis, mereka akan menyadari bahwa, masih ada saudara setanah air yang peduli dan bersedia berbagi pada mereka. Masih ada identitas bangsa Indonesia yang tenggang rasa dan gotong royong di bumi pertiwi. 

Foto bersama Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan, Bapak Suwari, S.H, S.Kom.I selaku Ketua Yayasan Al Kahfi Pusat, Suhartini selaku Ketua Yayasan Al Kahfi cabang Lamongan, tukang becak, tukang ojek dan ibu-ibu tuna wisma

Selain memberikan bantuan sosial, kami juga mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Lamongan. Donor darah ini di ikuti oleh sebanyak 37 peserta.  

Donor darah oleh tim PMI Kabupaten Lamongan kepada salah satu pengurus Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan Penyerahan Cinderamata kepada perwakilan PMI Kabupaten Lamongan oleh Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan

“Alhamdulillah, senang sekali ada bantuan seperti ini. Sangat membantu kita di saat semua sembako naik. Di sini kami diberi sembako secara gratis, mudah-mudahan bisa di adakan setiap tahun.” kata salah seorang tukang ojek.

Alhamdulillah kepada Allah SWT, tanpa kuasaNya kita tak akan mampu menjalankan program ini dengan baik. Terima kasih pada Bapak H. Fadeli selaku Bupati Lamongan yang senantiasa mendukung dan mendo’akan suksesnya program-program yayasan kami. Terima kasih pada seluruh donatur Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan yang tak pernah henti mengikhlaskan sebagian rezekinya untuk menopang jalannya program kami. Terima Kasih pada seluruh tokoh masyarakat yang telah bersedia hadir memberikan dukungannya pada acara kami. Terima kasih pada seluruh panitia yang terdiri dari pengurus dan siswa-siswi Study Moral dari Yayasan Al Kahfi Cabang Lamongan. Semoga, program kita ke depan semakin berkualitas dan membawa rahmat bagi bangsa Indonesia. Amiin Yaa Rabbal Alamin. 

Last modified onMonday, 14 July 2014 18:51
Rate this item
(8 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.