ESA SEMARANG 2013: Menuju Generasi Berkualitas Indonesia

ESA Meningkatkan Kualitas Generasi Indonesia dan Masa Depan ESA Meningkatkan Kualitas Generasi Indonesia dan Masa Depan

Pemuda adalah tumpuan bangsa dan agama. Kualitas generasi muda Indonesia menentukan nasib dan masa depan bangsa Indonesia.

Dahulu, para pemuda Indonesia, seperti Ir.Soekarno, Muh.Hatta, Bung Tomo, Pangeran Diponegoro, dll, berani mati demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia meskipun taruhannya adalah nyawa mereka. Hingga muncul ungkapan, “Lebih baik mati memperjuangkan kemerdekaan Bangsa dari pada hidup menanggung malu karena Negara ini dijajah”. Tidak hanya itu, para pemuda pemudi Indonesia yang awalnya berjuang sendiri-sendiri di daerahnya masing-masing kemudian berkumpul di Jakarta untuk menyatukan tekad, semangat dan arah perjuangan mereka agar bisa memerangi dan mengusir penjajah dari bumi Indonesia, dimana hari tersebut kini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Betapa luar biasanya semangat juang para pemuda dan pemudi Indonesia dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia.

Pentinglah kiranya kita mencontoh dan menularkan semangat para pemuda Indonesia dahulu agar pemuda pemudi Indonesia kini juga semangat dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa dari penjajahan asing melalui sektor ekonomi, pendidikan, teknologi, hukum, dsb. Bahkan jikalau perlu, kita perlu mewarisi semangat para pemuda yang mendirikan organisasi Boedi Oetomo yang memiliki visi dan misi untuk terus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun, dewasa ini, Jika kita lihat kondisi para remaja Indonesia khususnya Semarang, semakin hari semakin terjerumus pada euphoria hedonisme dan arus liberalisme, akhirnya membuat para remaja masuk ke dalam lingkaran pergaulan bebas, miras, narkoba , tawuran dan free sex. Muda mudi saat ini jarang yang memiliki antusiasme untuk memikirkan nasib bangsa dan agamanya. Kebanyakan dari mereka sibuk memikirkan diri mereka masing-masing, bagaimana penampilan (baca:fashion) dan gadget mereka, apakah sudah sesuai trend ataukah belum. Jarang sekali muda mudi yang mau meluangkan waktu untuk bekumpul mendiskusikan permasalahan yang melanda bangsa Indonesia dan agama islam, karena mereka sibuk memikirkan film apa yang akan mereka tonton nanti di bioskop, dsb.

 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Perwakilan Diknas
Sekretaris MUI

 

Fenomena yang miris ini terjadi karena pemuda kehilangan semangat SUMPAH PEMUDA nya, SUMPAH PEMUDA untuk MEMAJUKAN BANGSA INDONESIA DAN AGAMA ISLAM.

Dibutuhkan sebuah kegiatan yang mampu membangkitkan semangat juang para pemuda untuk kembali memperjuangkan dan mempertahankan Bangsa Indonesia serta membentengi keimanan para pemuda Indonesia agar mereka memiliki pijakan yang kuat dalam menjalani hidup ini dan tidak terjerumus pada perilaku-perilaku negatif yang dapat merugikan diri mereka sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan agama.

Oleh karena itulah, dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Yayasan Al Kahfi Cabang Semarang mengadakan Kegiatan ESA (Emotional Spiritual Achievement) yang dilaksanakan di SMK Negeri 6 Semarang pada Hari Minggu dan Selasa tanggal 3 dan 5 November 2013 lalu dengan mengusung tema : “Menuju Generasi Berkualitas Indonesia”.

 

Suasana Forum ESA Peserta Terbaik
Seluruh Peserta ESA

 

Pembukaan ESA 2013 ini diselenggarakan pada hari Minggu, 3 November 2013. Acara dibuka dengan pembacaan ayat Suci Al Quran yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan SUMPAH PEMUDA oleh Saudara Rifki dan Saudari Dyah, siswa/i SMK Negeri 7 Semarang.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua yayasan Al Kahfi Cabang Semarang, Agus Tri Hartono, beliau menyampaikan “ dulu Indonesia bisa meraih kemerdekaannya salah satunya adalah berkat perjuangan para pemuda dan pemudi Indonesia. Hal itu menunjukkan bahwa pemuda dan pemudi adalah ujung tombak kemajuan Bangsa. Sebuah bangsa bisa maju dan sukses manakala pemuda pemudinya memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan bangsanya dan memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya, bangsa yang pemuda pemudinya berkualitas rendah dan tidak memiliki semangat yang tinggi, niscaya bangsa tersebut secara perlahan akan mundur bahkan hancur. Karena itulah Al Kahfi Cabang Semarang mengadakan ESA ini guna menuju generasi berkualitas”. Seusai ketua al Kahfi semarang memberikan sambutan, selayang pandang mengenai ESA dan al Kahfi ditampilkan. Dilanjutkan oleh sambutan dari perwakilan SMK Negeri 6 Semarang, Bpk Supriyadi,M.Si.

Sekretaris MUI Provinsi Jawa Tengah, Bpk Drs. H. Ateng Chozani Miftah, A.Kp, SE, M.Si juga sempat memberikan tausiyah singkat mengenai Eksistensi Tuhan secara ILMIAH. Sebelum memulai tausiyahnya, beliau sempat mengatakan, “ Saya mewakili generasi tua bangsa Indonesia sangat salut, mengapresiasi penuh dan mendukung penuh terhadap misi dan kegiatan yang dilakukan Yayasan Al Kahfi Cabang Semarang, karena misinya sangat bagus sekali, yakni memajukan Generasi Bangsa melalui pembekalan keimanan dan ilmu pengetahuan.”

Acara yang berlangsung marathon selama 2 hari ini ditutup pada hari Selasa, 5 November 2013 pukul 15.00 – 16.00 oleh Ketua Yayasan Al Kahfi Cabang Semarang dengan simbolisasi pelepasan pin peserta dan pemberian sertifikat kepada perwakilan peserta, yakni Syaiful Haq (SMK Negeri 3 Semarang) dan Rahma (SMA Negeri 6 Semarang). Ketika ditanya, bagaimana kesan mereka selama 2 hari ini, Rahma mengungkapkan bahwa dia sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena bisa benar-benar memahami Islam dengan mendalam dan menggunakan ilmu pengetahuan ilmiah, sedang Syaiful mengungkapkan bahwa dia berharap kegiatan serupa bisa diadakan di sekolah di Semarang. Dan di penghujung acara, diumumkan 3 peserta terbaik yang diperoleh : 1) Rully Nur Ardiansyah (SMA Negeri 6 Semarang, 2) Nenes (SMK Negeri 3 Semarang) dan 3) Azmi Amin (SMA Negeri 9 Semarang). Para peserta sangat terkesan dengan kegiatan ESA karena benar-benar bisa memperkuat keimanan kita karena di ESA, para peserta diajak untuk memahami Tuhan dan Kebesaran Islam melalui Ilmu Pengetahuan yang ILMIAH.

Last modified onThursday, 11 September 2014 05:29
Rate this item
(30 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel