Al Kahfi Cabang Semarang: Baktiku Untuk Guruku

Peresmian Workshop Guru oleh Kepala Diknas Kota Semarang Peresmian Workshop Guru oleh Kepala Diknas Kota Semarang

Generasi muda merupakan aset masa depan bangsa karena di pundaknya nasib Bangsa ini berada.

Media strategis untuk melakukan transformasi sosial dalam menyiapkan human resources yang cerdas, dinamis, progresif, inovatif-kreatif dan tentu mempunyai basis spiritualitas dan akhlak mulia menuju masyarakat yang beradab, cerdas, adil, makmur dan sejahtera adalah Pendidikan. Sesuai dengan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan kutipan tersebut, Pendidikan bukan hanya perkara transformasi pengetahuan namun juga sarana penting untuk membangun karakter Bangsa. Guna mencapai tujuan yang mulia ini, menyaratkan adanya para Pendidik yang berkualitas. Dialah yang bertugas mengajar, mendidik, dan membentuk kepribadian para generasi muda. Seperti istilah Jawa, Guru itu digugu lan ditiru, artinya setiap perilaku dan tutur kata guru itu diikuti dan dicontoh.

Agar bisa mentransformasikan nilai (value) yang baik dan positif kepada anak didiknya, pendidik terlebih dahulu haruslah memiliki motivasi internal yang besar pula. Oleh karena itulah, mengingat peranan motivasi internal pendidik yang sangat penting ini, Yayasan Al Kahfi Cabang Semarang, selaku Lembaga Sosial Pendidikan yang bergerak di bidang kepemudaan, mengadakan kegiatan motivasi bagi para pendidik putra-putri Bangsa se-Kota Semarang. Di dalam kegiatan ini juga terdapat pelatihan guna membangun motivasi yang kuat di dalam jiwa para pendidik dalam mencetak generasi penerus Bangsa. Kegiatan ini juga merupakan bentuk ungkapan terimakasih kepada para pendidik Bangsa yang ikut memajukan generasi penerus Bangsa. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah 1) Membangun motivasi internal para pendidik tingkat SMA dan SMK se-Kota Semarang dalam mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan berakhlak, 2) Melatih para pendidik tingkat SMA dan SMK se-Kota Semarang dalam merencanakan tranformation of knowledge and value yang baik dan benar.

Prof.Dr.Hj.MarwahDaud Ibrahim, Ph.d Kepala Diknas Semarang Drs.Bunyamin,M.Pd
Penyerahan Cinderamata

Acara “Training Motivation for Teacher to get Better Education for Indonesian Youth” yang bertemakan “Baktiku untuk Guruku” ini diadakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2013 lalu. Acara ini ditujukan kepada Guru SMA dan SMK Negeri se Kota Semarang.

Acara yang berlangsung di Hotel Pandanaran, Pakoe Boewono Ballroom, Yayasan Al Kahfi cabang Semarang bekerja sama dengan Prof. Dr. Hj. Marwah Daud Ibrahim, Ph.D selaku Founding Father “Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan “ Training Centre. Pembukaan acara ini dihadiri oleh 61 guru perwakilan dari SMA dan SMK Negeri se-Kota Semarang dan dihadiri oleh Bapak Drs. Taufiq Hidayat, M.T selaku Kepala bagian Dikdasmen Kota Semarang, Drs. Sutarto, M.M selaku Kepala seksi dikdasmen tingkat SMA dan SMK se Kota Semarang serta di resmikan langsung oleh Bapak Drs.Bunyamin, M.Pd selaku Kepala Diknas Kota Semarang.

Dalam kesempatan ini, Bapak Drs.Bunyamin, M.Pd mengungkapkan salut kepada Yayasan Al Kahfi karena meskipun masih muda-muda tetapi memiliki semangat yang tinggi untuk bisa berkontribusi terhadap bidang pendidikan. Beliau juga menyampaikan terimakasih banyak kepada Yayasan Al Kahfi cabang semarang yang telah bersedia memberikan pelatihan dan motivasi kepada para pendidik di kota semarang ini.

Peserta Mengikuti Workshop Fokus Grup Diskusi
Seluruh Peserta Workshop

Seusai pembukaan, acara dilanjtukan langsung dengan training oleh tim MHMMD dan dipandu serta dikontrol langsung oleh Ibu Prof. Dr. Marwah Daud Ibrahim, Ph.D. Di awal sesi beliau mengatakan “Saya sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Ketua Yayasan Al KAhfi, Bapak Drs. Suwari, S.H, M.Kom,I, bahwa Jepang bisa bangkit pasca dibombardir oleh Amerika berkat jasa para guru yang berjuang mencerdaskan generasi mudanya, hingga dikirim kebelahan berbagai dunia guna menyerap ilmu darinya. Dan benar kata Bapak Drs.Bunyamin,M.Pd bahwa ibu pertiwi kita menangis karena melihat Negara kita yang sedemikian banyaknya diangurahi SDA yang melimpah ruah tetapi yang menikmati hasilnya bukan kita melainkan Negara lainnya.”

Setelah diawali oleh Ibu Marwah, acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok menjadi 4 yaitu Smart, Cerdas, Lumpia, Batik. Setiap kelompok diberi materi mengelola hidup dan merencanakan masa depan dengan membuat peta kehidupan. Hal ini dilakukan dengan harapan bapak dan ibu guru dapat menularkan ilmunya kelak kepada para siswa mereka nanti di sekolah sehingga memiliki optimisme dalam menjalani hidup. Pada sesi motivation, peserta diajak untuk menghayati pentingnya menyimbangkan SQ, EQ, IQ dan AQ melalui menghayati nikmat yang diberikan Allah SWT.

Acara training motivation for teacher ini berlangsung sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB. Training tersebut dibagi menjadi 6 sesi, antara lain : 1) penyamaan frekuensi : Pengantar I : Hidup dan masa, 2) Pengantar II : Ubah Mindset dan Wawasan Kebangsaan, 3) Audit Potensi, 4) Masa kini & Masa Depan, 5) Urai Rencana, 6) Peta hidup.

Di akhir sesi penutupan, ada 3 perwakilan guru yang memberikan kesan selama mengikuti kegiatan ini. Pertama, Ibu Dra.Hj Srinatun, M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 6 Semarang mengucapkan,”Terimakasih banyak kepada Al Kahfi Semarang yang telah menyelenggarakan acara ini, dan semoga ke depan bisa mengadakan acara yang seperti ini lagi.” Kedua, dari Waka Kesiswaan SMK 3 Semarang, Dra. Indah, Mpd, yang mengatakan,”Saya sangat salut dan bangga dengan para pengurus Al Kahfi cabang semarang, meskipun masih muda tetapi memiliki semangat dan pengorbanan yang tinggi bagi masyarakat khususnya para guru. Dan terimakasih juga kepada MHMMD karena telah memberikan inspirasi baru bagi kami para guru.” Dan terakhir dari Bapak Dies Hendra Wibawa, S.Pd, M.Pd Selaku guru di SMA Negeri 9 Semarang yang mengatakan, “ Terimakasih banyak kepada Yayasan Al Kahfi, tanpa Al Kahfi kami para guru tidak bisa merasakan training seperti ini, dan kami mengusulkan kepada Diknas Kota Semarang untuk mengadakan seperti ini lagi tidak hanya se-semarang tetapi per sekolah di Semarang.”

Acara ditutup langsung oleh Drs. Sutarto,M.M selaku Kasidikdasmen tingkat SMA dan SMK serta penyerahan sertifikat kepada perwakilan guru SMA dan SMK se Kota Semarang. Semoga ke depan Al Kahfi dapat menyelenggarakan event serupa untuk terus ikut berkontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia. Bakti kami untuk Guru, bakti kami untuk Indonesia.

Last modified onThursday, 31 October 2013 00:16
Rate this item
(67 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel