Logo
Print this page

Al Kahfi Cabang Pekalongan: Berbakti pada Negeri

Melayani Dengan Sepenuh Hati: Melalui Kegiatan Sosial Ini, Al Kahfi Pekalongan Mengankat Masyarakat Melayani Dengan Sepenuh Hati: Melalui Kegiatan Sosial Ini, Al Kahfi Pekalongan Mengankat Masyarakat

Jika di tahun 2012 Al Kahfi Cabang Pekalongan sukses mewujudkan kepedulian dengan mengadakan pasar murah, di tahun 2013 ini diselenggarakan kembali event yang serupa.

Bedanya, di tahun ini kegiatan sosial yang diselenggarakan tidak hanya pasar murah, tetapi juga donor darah dan pemerikasaan kesehatan gratis. Mengusung tema “Al Kahfi Berbakti”, acara ini diselenggarakan di jalan Kutilang, kelurahan Panjang Weyan, kecamatan Pekalongan Utara.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama diselenggarakan pada hari sabtu, tanggal 28 September 2013 dengan kegiatan pasar murah. Hari kedua pada minggu, 29 September 2013 diisi dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis serta donor darah. Pengurus Al Kahfi cabang Pekalongan juga menyediakan hiburan bagi peserta dengan marawis dari siswa binaan serta paduan suara dari adik-adik asuh sanggar Al Kahfi. Lagu yang dipersembahkan adalah Bagimu Negeri yang mana sesuai dengan tema serta semangat Yayasan Al Kahfi dalam berbakti kepada negeri dan masyarakat.

Arifin, SH Kabag Kesra Kota Pekalongan Warga dan Tokoh Masyarakat
Pelaksanaan Donor Darah

Pada kegiatan ini, ratusan paket sembako bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah. Jika selama ini masyarakat dipusingkan dengan harga kebutuhan pokok yang kian tinggi, di event ini masyarakat bisa mendapatkan 3 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 Bungkus kecap, 1 bungkus teh dan 5 bungkus mie instan dengan harga yang sangat terjangkau. Sebagaimana kesan yang diungkapkan oleh salah satu warga kelurahan panjang wetan, “Kami senang ada pasar murah seperti ini karena bisa meringankan beban kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari”, kata Munjaenah (40).

Selain meriahnya kegiatan pasar murah, kegiatan donor darah yang berkerja sama dengan Dinkes dan PMI kota Pekalongan juga terlaksana dengan sukses. 50 kantong darah berhasil dikumpulkan dari partisipasi warga dan relawan Al Kahfi. Selain donor darah, Al Kahfi juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan ini banyak diikuti oleh para lansia yang memang merupakan sasaran dari kegiatan ini. Seluruh runtutan kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana wujud dari semangat kepedulian dan bakti Al Kahfi kepada masyarakat demi tercapainya kesejahteraan sosial. Tidak saja sejahtera dalam ekonomi tetapi juga dalam kesehatan.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis Kegiatan Pasar Murah
Penampilan Marawis SMA 3

Kabag Kesra Setda Kota Pekalongan, Arifin, S.H yang hadir mewakili Wakil Wali Kota Pekalongan di tengah pidatonya menyampaikan, “Kami memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas keikutsertaannya (baca:Yayasan Al Kahfi) dalam memberdayakan masyarakat.” Sebagaimana yang beliau sampaikan juga bahwa Al Kahfi yang bisa dibilang masih dalam tahap tumbuh, tetapi sudah kontribusi yang banyak bagi masyarakat Kota Pekalongan.

Kegiatan Al Kahfi semacam ini memang selaras dengan program pemerintah kota di mana salah satunya adalah bantuan sembako kepada yayasan panti asuhan. Dengan adanya kegiatan ini Arifin menyampaikan bahwa Pemkot merasa sangat terbantu. “Ke depan, kami berharap kegiatan demikian dapat digelar secara konsisten. Kami juga siap membantu segala bentuk kegiatan sosial yang dilakukan,” kata Arifin S.H.

Al Kahfi cabang Pekalongan yang telah berkiprah selama 5 tahun berharap bisa terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pekalongan. Jika tahun lalu hanya mengadakan pasar murah, tahun ini bisa meningkat dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah. Di tahun-tahun mendatang, Al Kahfi cabang Pekalongan berharap bisa menghasilkan lebih banyak karya yang diberikan kepada masyarakat Pekalongan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Suwari, S.H selaku ketua Yayasan Al Kahfi, “Kami berharap melalui kegiatan sosial ini kami bisa memberikan sumbangsih dan andil kepada masyarakat agar dapat lebih mudah mengakses dua kebutuhan dasar mereka yaitu bahan pokok makanan dan kesehatan. Semoga dengan apa yang kami lakukan ini bisa membantu warga sekitar.”

Semoga semangat dan tekad dalam bakbakti kepada masyarakat ini terus menyala dan tumbuh di Yayasan Al Kahfi serta menginspirasi generasi muda yang lain. Al Kahfi berbakti, untuk masyarakat, untuk negeri tercinta.

Last modified onWednesday, 30 October 2013 23:59
Rate this item
(3 votes)
Template Design © yayasanalkahfi. All rights reserved.