Pembangunan Gedung Pendidikan Stid Al-Hadid Yayasan Al-Kahfi

Gambar Pra Rencana Rancang Bangun Gedung STID Al Hadid Gambar Pra Rencana Rancang Bangun Gedung STID Al Hadid

Alhamdulillah, langkah Al-Kahfi dalam usaha memberikan kontribusi bagi masyarakat semakin nyata. Selain program-program kemasyarakatan yang diadakan di Al-Kahfi daerah, langkah ini juga diwujudkan dalam bentuk pendirian instansi Pendidikan setingkat Perguruaan Tinggi Strata 1 yang bernama Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-Hadid (STID Al-Hadid) di Surabaya.

STID Al-Hadid adalah pendidikan tinggi yang mengkaji ilmu-ilmu sosial agama dan diprioritaskan bagi pelajar muslim berprestasi yang tidak mampu dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelum menjadi sekolah tinggi, dulunya STID Al-Hadid dijalankan dengan format pesantren dengan nama Pesantren Modern Al-Kahfi.

Niat mulia STID Al-Hadid untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada lulusan pelajar muslim terus digaungkan. Setiap elemen yang berperan aktif dalam proses pendidikan senantiasa bekerja secara profesional dan ditingkatkan kualitasnya. Beragam aktifitas juga mulai banyak melibatkan mahasiswa. Tidak sedikit dari aktifitas dan perlombaan yang diikuti oleh mahasiswa tersebut melahirkan prestasi-prestasi setingkat Nasional.

Sistem, lingkungan dan prestasi-prestasi yang berhasil digapai oleh al-Hadid menjadikan nama Al-Hadid mulai banyak dilirik oleh lulusan pelajar muslim. Hal ini terbukti STID Al-Hadid telah menerima rata-rata 300 orang mahasiswa baru tiap tahun. Sampai tahun ajaran 2013/2014, total mahasiswa STID Al-Hadid mencapai lebih dari 1.100 mahasiswa.

Jumlah ini membuat kelas yang ada tidak akan mencukupi kecuali ada penambahan atau pengadaan kelas baru. Dalam jangka pendek mungkin bisa menyewa ruang kelas di sekolah sekitar kampus seperti pada masa dulu. Namun untuk jangka panjang dengan tren perkembangan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun cara ini tidak mungkin bisa dipertahankan.

Pada pertengahan tahun 2013 ini, salah satu usaha Al-Hadid untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi mahasiswa peserta didik adalah dengan membangun gedung pendidikan baru. Gedung pendidikan yang berlokasi di daerah Kejawan Tambak ini nantinya akan dijadikan sebagai gedung utama kegiatan pendidikan Al-Hadid. Gedung yang direncanakan memiliki 4 lantai ini akan memiliki sekurang-kurangnya 44 kelas, 21 kamar mandi, ruang dosen dan staff, laboratorium, kantin, tempat parkir dan lain sebagainya*.

Untuk membangun gedung pendidikan dengan kualitas terbaik tentu bukan hal yang mudah. Salah satu kendala besar yang muncul dalam proses pembangunan Gedung Al-Hadid ini adalah permasalahan pemenuhan anggaran biaya pembangunan. Dari modal pembangunan yang telah berhasil kami kumpulkan dari dana pinjaman dan bantuan donatur Yayasan Al-Kahfi sejauh ini, terdapat kekurangan kurang lebih sebesar Rp. 9.000.000.000 (sembilan milyar rupiah). Angka tersebut masih jauh dari total kebutuhan anggaran pembangunan yang dibutuhkan untuk merealisasikan Gedung Al-Hadid ini*.

Dengan mempertimbangkan kondisi semacam ini, melalui artikel ini, kami pengurus Yayasan Al-Kahfi yang diwakili oleh Tim Panitia Pembangunan Gedung Pendidikan STID Al-Hadid mengajak masyarakat, instansi/ perusahaan maupun secara perorangan untuk berpartisipasi dalam pembanginan ini.

Ada 2 bentuk partisipasi yang bisa dilakukan yaitu pemberian pinjaman dana dan pemberian bantuan. Pemberian pinjaman dana maksudnya masyarakat, instansi/ perusahaan atau perorangan meminjamkan dana dalam jumlah tertentu selama periode tertentu untuk dikelola oleh Panitia Pembangunan sebagai tambahan anggaran pembangunan gedung, yang nantinya dana akan dikembalikan pada akhir periode jatuh tempo. Sedangkan untuk pemberian bantuan maksudnya masyarakat, instansi/ perusahaan atau perorangan mengamanahkan atau memberikan sepenuhnya kepada Panitia Pembangunan sebagai tambahan anggaran pembangunan gedung. Bantuan berupa pemberian ini dapat berwujud dana atau barang & alat pembangunan (seperti: pasir, semen, dll).

Bagi masyarakat, instansi/ perusahaan atau perorangan yang bemaksud untuk menyalurkan bantuannya dapat berkunjung secara langsung ke Sekretariat Panitia Pembangunan yang berlokasi di Jalan Juwingan 26 Surabaya atau transfer langsung melalui rekening: [1] Bank Mandiri Syariah (7088800081), [2] Bank Mandiri Syariah (7888999773), [3] BCA (1520434166) a/n PANITIA PEMBANGUNAN STID AL-HADID YAYASAN ALKAHFI. Informasi lebih lanjut, anda dapat mengakses website resmi Panitia Pembangunan di alamat panitiapembangunan.yayasanalkahfi.or.id atau menghubungi: Contact Person Sekretariat Panitia Pembangunan (031-5026510), Hassan Nugroho (085731043748) atau Indah Tri (085645990233).

 

*) Catatan:

Keterangan lebih lengkap terkait kapasitas gedung dan anggaran pembangunan akan dipublikasikan dalam informasi berikutnya.

Last modified onThursday, 18 July 2013 03:56
Rate this item
(11 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel