http://www.yayasanalkahfi.or.id/modules/mod_image_show_gk4/cache/SDT01gk-is-460.JPG

Pembicara Seminar Duta Perdama

Pembicara Seminar Duta Perdamaian, Dody Wijaya (Al Kahfi), Sutisna (NII Crisis Center), Teddy (Korban BOM JW Marriot), Nasir Abbas (Mantan JI) Read more

http://www.yayasanalkahfi.or.id/modules/mod_image_show_gk4/cache/SDT03gk-is-460.JPG

Sesi Tanya Jawab Seminar

Dody Wijaya, Perwakilan Yayasan Al Kahfi menjawab pertanyaan peserta seminar Read more

http://www.yayasanalkahfi.or.id/modules/mod_image_show_gk4/cache/SDT04gk-is-460.JPG

Pesan Perdamaian

Dody Wijaya, Perwakilan Yayasan Al Kahfi menyampaikan pesan perdamaian untuk kaum muda Read more

http://www.yayasanalkahfi.or.id/modules/mod_image_show_gk4/cache/SDT05gk-is-460.JPG

Dody Wijaya

Dody Wijaya, Perwakilan Yayasan Al Kahfi menyampaikan tentang pentingnya ROHIS Profesional Read more

http://www.yayasanalkahfi.or.id/modules/mod_image_show_gk4/cache/SDT10gk-is-460.JPG

Simbol

Para pembicara menerima cinderamata sebagai simbol perdamaian generasi muda Read more

Seminar Duta Perdamaian dan Anti Radikalisme

Seminar Duta Perdamaian dan Anti Radikalisme diselenggarakan oleh Yayasan Askobi dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Seminar Duta Perdamaian dan Anti Radikalisme diselenggarakan oleh Yayasan Askobi dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Yayasan Al Kahfi menjadi pembicara dalam Seminar Duta Perdamaian dan Anti Radikalisme untuk kalangan pelajar SMA Se Jakarta.

Yayasan Askobi (Asosiasi Korban Bom dan Terorisme) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan seminar bertajuk “Duta Perdamaian”, yang dihadiri oleh perwakilan pelajar se-Jakarta, tanggal 4 Oktober 2012 di Gedung Auditorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Seminar “Damai dan Aman di Negeri Sendiri” ini pun mendapat respon positif dari kalangan pelajar, sedikitnya 300 pelajar SMA se-Jakarta mengikuti dengan antusias seminar ini.

Seminar ini dilatar belakangi oleh maraknya kekerasan di negeri Indonesia, mulai dari tawuran antar pelajar di Jakarta yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, hingga maraknya terorisme yang tidak pernah mati dan mulai merasuki kalangan pelajar. Harapan dari seminar ini, mensosialisasikan nilai-nilai perdamaian yang dimulai dari kalangan pelajar agar menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan serta menciptakan atmosfer kepemudaan yang anti kekerasan dan terorisme.

Pembicara yang terlibat dalam acara ini adalah Teddy (Korban Bom Mariott), Nasir Abbas (Mantan Panglima Jamaah Islamiyah), Sutisna (Perwakilan dari NII Crisis Centre), dan Dody Wijaya (Perwakilan Al Kahfi Jakarta). Mereka semua memberikan pesan perdamaiannya yang harus dipupuk dari pelajar.

 Pembicara Seminar Duta Perdamaian
 Membangun Generasi Muda Damai
 Dody Wijaya dalam Sesi Tanya Jawab

Dalam seminar tersebut, Dody Wijaya, perwakilan dari Yayasan Al Kahfi Jakarta menyampaikan cara untuk menangkal radikalisme pelajar adalah dengan membangun ekstrakurikuler agama atau ROHIS yang profesional. Melalui itu pula, pesan perdamaian dapat disampaikan secara kultural.

Dody mengutarakan, ROHIS sebagai ekskul yang bersifat terbuka potensial dimasuki paham-paham radikalisme oleh siapapun, sehingga perlu upaya antisipasi untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, Yayasan Al Kahfi menawarkan solusi untuk membangun ekstrakulikuler ROHIS dengan manajemen yang profesional. Arti manajemen yang profesional disini adalah ROHIS mempunyai kejelasan tujuan yang ingin dicapai, kesiapan kurikulum materi/modul dakwah, sistem pembelajaran, mempunyai training yang kompeten di bidangnya yaitu keagamaan.

SDT06
 Pesan Perdamaian Generasi Muda  Simbol Perdamaian Generasi Muda
 Peserta Antusias Mengikuti Seminar

Tidak hanya itu, konsep dari ROHIS profesional adalah transparansi. ROHIS perlu angket laporan ke sekolah, dan kontrol intensif terhadap kegiatan dakwah di ROHIS. Dengan manajemen profesional seperti ini, ROHIS bisa menjadi lebih tertata, dan mampu mencapai tujuan yang diinginkan sekolah, “Menjadikan siswa memiliki kepribadian karakter muslim, kepedulian lingkungan di sekitarnya, memiliki daya saing untuk meningkatkan kualitas diri, serta menciptakan kedamaian dan kemajuan bangsa”. Bila manajemen ROHIS profesional dapat diwujudkan, akan menciptakan ekstra kurikuler yang menjadi penyangga bagi terwujudnya pelajar bermoral, terhindar dari narkoba, tawuran dan terorisme. Dody meyebutnya, inilah yang disebut ROHIS sebagai ektrakurikuler yang rahmatan lil alamin, menjadi rahmat bagi pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa. Karakter ini selaras secara sosiologis dan psikologis menjadi identitas bangsa Indonesia. Dengan begitu ROHIS akan terhindar dari paham-paham radikalisme yang berkedok dalil-dalil agama.

Untuk mencapai tujuan tersebut pasti diperlukan bahan atau kurikulum ekstrakurikuler keagamaan yang mampu mencapai tujuan di atas. Yayasan Al Kahfi siap dan memiliki kurikulum dan trainer yang kompeten di bidang keagamaan dan moral. Yayasan Al Kahfi telah bekerjasama dengan banyak sekolah di Indonesia dalam memberikan pendidikan moral dan keagamaan di kalangan pelajar dan ROHIS, dan mengadakan ESA (Emotional Spiritual Achievement) yang didukung oleh DIKNAS Kota Jakarta, MUI serta dihadiri Menteri Pendidikan M. Nuh.

Setelah para narasumber menyampaikan ide dan gagasannya tentang anti radikalisme, acara Duta Perdamaian ini dilanjutkan dengan sesi dialog dan tanya jawab interaktif dengan audience, para siswa-siswi SMA/SMK di Jakarta. Sesi tanya jawab pun berlangsung berlangsung seru dan menarik, dimana pelajar bebas bertanya, dan beragumentasi secara jujur tentang maraknya radikalisme di kalangan pelajar Jakarta. Semoga berawal dari seminar ini, nilai-nilai perdamaian di negeri ini semakin bergelora hingga bangsa Indonesia bebas dari kekerasan, tawuran pelajar, dan terorisme.

Last modified onSaturday, 13 October 2012 04:52
Rate this item
(18 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel