Al Kahfi Madiun: Belajar Totalitas Ikhlas

Pengajian rutin warga yang diadakan Yayasan Al Kahfi Madiun Pengajian rutin warga yang diadakan Yayasan Al Kahfi Madiun

Indonesia sudah sering dilanda kegagalan. Sayangnya kadang kita sulit melupakannya dan terus berlarut-larut dalam nuansa penyesalan-penyesalan.

Seringnya kegagalan atau betapa susah dan besarnya kita sudah berkorban, serta banyaknya masalah ekonomi, karir, keluarga, dan kehidupan sosial, yang memberatkan kita untuk beranjak dan terus menyesali apa yang sudah terjadi. Selain menyita konsentrasi, emosi yang tidak pernah reda terus menghantui kehidupan. Disinilah kita perlu ikhlas terhadap semua kegagalan dan keterpurukan tersebut. Itulah yang menjadi tema dalam pengajian rutin Yayasan Al Kahfi Madiun bersama masyarakat, 23 September 2012 lalu.

 Suasana Pengajian Al Kahfi Madiun  KH M Iskandar menjadi pembicara
 Peserta antusias sampai meluber di teras

Pengajian rutin tersebut dihadiri lebih dari 80 orang dari donatur, warga sekitar, siswa-siswa didik dan aktivis pelajar Yayasan Al Kahfi. Sudah 2 tahun ini Yayasan Al Kahfi Madiun mengadakan program pengajian untuk masyarakat setiap bulannya. Bukan hanya warga yang antusias, pengurus dan aktivis Al Kahfi pun bersemangat dengan program ini, karena dapat memberikan tausiyah yang membantu sekaligus menginspirasi masyarakat.

Ketua Dewan Fatwa MUI Madiun KH Drs M.Iskandar, M.Pd.I. yang memberikan tausiyah tentang ‘Belajar Totalitas Ikhlas Lewat Sejarah Nabi Ibrahim’. Beliau menyampaikan dalam menjalani ibadah harus sungguh-sungguh tulus dan tidak mengharapkan apapun. Itulah sebaik-baiknya ibadah sebagaimana ditauladankan Nabi Ibrahim saat merelakan anaknya demi perintah Allah. Pelajaran ini dapat diterapkan pula dalam kehidupan sosial kita. Kita hanya kehilangan kesempatan, bukan kehilangan seperti yang dirasakan oleh Nabi Ibrahim. Kesuksesan dapat kita cari dari kesempatan lain. Meski disampaikan dalam nuansa diskusi satu arah, peserta pengajian tetap menikmati dan fokus mendengar dan meresapi setiap pesan yang dibawakannya.

 KH M Iskandar antusias ceramah  Para Pengurus bersama KH M Iskandar  Para Pengurus bersama KH M Iskandar

Ketua Yayasan Al Kahfi Madiun M Mahfud mengatakan ingin terus memberikan pencerahan pada masyarakat, tidak hanya dalam program bantuan sosial dan pendidikan, tetapi juga pengajian. Lebih lanjut, Mahfud mengatakan program ini akan terus ditambah jumlah pesertanya dan intensitasnya, melalui dukungan dari MUI dan masyarakat.

Akhirnya, kita belajar satu hal. Kita perlu melupakan kegagalan, tetapi tidak melupakan masalah. justru dalam setiap kegagalan terdapat anak tangga yang menghubungkan menjadi besar bila kita bisa melaluinya. Ikhlas akan meredakan emosi dan keluhan kita. Ikhlas akan mengantarkan kita pada sabar, dan terus gigih mencoba berbagai solusi atas masalah-masalah kita. Semoga pesan ini menjadi hikmah bagi kita semua dalam berbagai dimensi kehidupan kita.

Rate this item
(12 votes)
  • Wildan

    saya pernah berkunjung ke al kahfi jakarta pusat, tempatnya di daerah kramat jaya johar baru. coba risa tanya warga setempat, insha allah mereka mengenal.

    posted by Wildan Saturday, 10 November 2012 00:47 Comment Link
  • Risa

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Maaf mau tanya,untuk bisa ikut kajian al kahfi di daerah sekitar Jakarta Pusat dimana ya?

    Terimakasih.
    wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    posted by Risa Tuesday, 06 November 2012 09:23 Comment Link
  • Danang Banjarmasin

    Teruslah mencerahkan...

    posted by Danang Banjarmasin Sunday, 21 October 2012 06:38 Comment Link
  • Andre

    Alkahfi, tetap semangat dan istiqomah demi terwujudya masyrakat toyibah...

    salam kami,
    ikatan pelajar Alkahfi Lamongan-JATIM

    posted by Andre Sunday, 21 October 2012 02:41 Comment Link
  • Abi

    Totalitas Membangun Masyarakat Cerdas Berakhlaq

    posted by Abi Saturday, 29 September 2012 00:37 Comment Link
  • mawehda

    siiip lanjutkan, semoga menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya

    posted by mawehda Wednesday, 26 September 2012 10:16 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel