4 Gelar di Ajang Tahunan se-Asia Featured

Mahasiswa STID Meraih Gelar di Ajang Kompetisi se-Asia Mahasiswa STID Meraih Gelar di Ajang Kompetisi se-Asia

Alkahfi - Surabaya. Meraih prestasi sudah tentu menjadi suatu kebanggan, apalagi bila prestasi tersebut bertaraf internasional. Hal semacam ini pula yang dirasakan oleh mahasiswa-mahasiswi STID al Hadid Surabaya

yang tergabung dalam tim mengikuti Olimpiade Bahasa Inggris se-Asia bertajuk The 2012 Asian English Olympics. Berstatus sebagai tim Pendatang Baru, Tim dari STID al Hadid ternyata mampu unjuk gigi dengan menyabet 4 gelar di ajang kompetisi bahasa inggris tahunan se-Asia itu.

Gelar tersebut di antaranya adalah Peringkat ke-7 dari 70 tim yang berpartisipasi yang berasal dari puluhan Universitas dan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dari beberapa negara di Asia. Prestasi ini jelas sangat membanggakan mengingat status tim STID al Hadid yang masih terbilang baru di event ini ternyata mampu bersaing dan bahkan mengungguli tim dari universitas lain yang sudah rutin mengikuti kompetisi ini. Bahkan lebih dari setengah Tim yang bertanding berasal dari universitas yang sudah rutin mengikuti kompetisi serupa di level Nasional ataupun Lokal.

Prestasi setingkat Asia ini nyatanya tidak diraih dengan mudah. Tim yang berangkat dengan dukungan & harapan yang tinggi dari Civitas Akademika STID al Hadid bisa dibilang masih muda dan awam dengan sistem perlombaan. Baru bukan berarti tak mampu. Dikumpulkan dalam grup-grup yang berisi tim dari berbagai Universitas, Tim STID al Hadid harus menjalankan 6 tahap pertandingan untuk mendapatkan Victory Point demi capaian awal untuk menuju ke babak berikutnya. Meski tidak mudah, Tim STID al Hadid berhasil mengungguli tim lain di grupnya dan memastikakan langkahnya menuju babak Main Quarter Final. Namun sayangnya, langkah menuju babak Grand Final terganjal karena Tim STID al Hadid harus menghadapi tim favorit juara yang berasal dari University of Singapore dan Universitas Indonesia. Di babak itu Tim STID harus mengakui keunggulan Tim dari University of Singapore yang sejak awal menjadi favorit juara di ajang ini.

Capaian yang tidak kalah gemilang adalah Tim STID al Hadid mampu mencatatkan namanya sebagai Tim pendatang baru terbaik pada event kali ini. Ini luar biasa! Mengingat Tim STID adalah tim pendatang baru yang bahkan belum pernah memiliki pengalaman mengikuti kompetisi serupa, bahkan di level Nasional sekalipun. Catatan menarik lainnya adalah prestasi individual yang berhasil ditorehkan oleh Andriansyah dan Cinta Maulida yang tergabung dalam Tim STID al Hadid dengan mencatatkan namanya sebagai Best ESL Speaker di mana Andriansyah meraih peringkat ke 4 Asia dan Cinta MAulida di peringkat 13 Asia sebagai pembicara pendatang baru terbaik.

Ditemui secara terpisah, Andriansyah yang merupakan perwakilan dari Tim STID al Hadid mengaku bahwa ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Prestasi & capaian semacam ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya mengingat Tim hanya memiliki waktu persiapan yang sedikit karena event tersebut diselenggarakan bersamaan dengan jadwal Ujian Semester di STID al Hadid. Namun berkat dukungan yang sangat besar dari Civitas STID al Hadid dan teman-teman di sana, akhirnya TIM mampu membawa prestasi yang mengharumkan nama Almamater.

Andriansyah juga menjelaskan bahwa prestasi ini salah satunya juga didukung dengan adanya fasilitas & program bahasa Inggris yang ada di STID al Hadid itu sendiri.

“STID al Hadid sudah hampir setahun ini menjalankan Program English Hour yaitu program di mana pada momen waktu tertentu semua mahasiswa & Dosen diwajibkan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Bagi yang melanggar akan mendapatkan poin pelanggaran. Ke depan STID al Hadid juga akan mengadakan klub debat bahasa inggris, sekarang baru tahap merancang programnya. Sepertinya ini pertama kalinya dilakukan oleh Universitas di Indonesia” Ungkapnya yang kemudian diiringi dengan tawa.

 

Last modified onWednesday, 27 June 2012 04:45
Rate this item
(12 votes)
  • achmad fauzi romadon*

    keep fight for the champion...always*

    posted by achmad fauzi romadon* Thursday, 13 September 2012 08:18 Comment Link
  • ex al kahfi sby

    mantab.. g nyangka udah level asia.. semoga al kahfi dan kadernya sukses dunia akhiratt.

    posted by ex al kahfi sby Sunday, 01 July 2012 16:34 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Hubungi Kami

  • phone2016-model1

Login or Register

Facebook user?

You can use your Facebook account to sign into our site.

fb iconLog in with Facebook

LOG IN

Register

User Registration
or Cancel